Kota Baru Meikarta Mengadopsi Konsep Tata Kota New York

Kompas.com - 02/09/2017, 13:23 WIB
Ilustrasi Grid System City Meikarta Ilustrasi Grid System City Meikarta
|
EditorKurniasih Budi

KompasProperti - Besarnya jumlah pekerja di Cikarang dan sekitarnya menyebabkan tingginya kebutuhan hunian yang dekat dengan kawasan industri. 

CEO Lippo Group James Riady mengatakan, 60 persen perekonomian nasional berpusat di Cikarang.

"Ribuan perusahaan perusahaan raksasa nasional dan multi-nasional berbasis di koridor ini dengan ratusan ribu staf dan karyawan serta jutaan pekerja. Di sinilah pusatnya," ujar James seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (4/5/2017).

Kehadiran Meikarta yang dibangun di jantung kawasan industri Indonesia itu seperti memberi angin segar pada para pekerja, yang memang membutuhkan hunian nyaman dan strategis.

Baca: Penjualan Meikarta Tembus 99.300 Unit

Bagaimana tidak, Lippo Group tengah membangun kota baru berskala internasional dengan jumlah hunian yang cukup signifikan. Apartemen lengkap dengan fasilitas pendidikan, pusat kesehatan, pusat perbelanjaan, bahkan rumah ibadah akan dibangun di Cikarang.

Proyek ini merupakan inisiatif besar dari Lippo membangun kota Jakarta baru. Pembangunan kota baru dengan nilai investasi Rp 278 triliun ini memiliki konsep berbeda dibanding Lippo Karawaci maupun Lippo Cikarang.

Meikarta yang terletak dekat dengan kawasan industri Cikarang itu dirancang dengan konsep hijau. Lippo tak segan mengadopsi konsep Kota New York  yang terkenal dengan dua sistem, yakni traffic efficient grid system dan central park.

Kota baru Meikarta di Cikarang menawarkan fasilitas dan infrastruktur yang menunjang aktivitas para penghuninya. Kebutuhan akan ruang terbuka hijau dipenuhi dengan adanya taman kota di kota baru Meikarta. Kota baru Meikarta di Cikarang menawarkan fasilitas dan infrastruktur yang menunjang aktivitas para penghuninya. Kebutuhan akan ruang terbuka hijau dipenuhi dengan adanya taman kota di kota baru Meikarta.

Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track. Ruang terbuka hijau itu sangat tepat dimanfaatkan untuk bersosialisasi, rekreasi dan bersantai bagi keluarga yang tinggal di sana.

Selain taman yang luas, kawasan itu juga memiliki danau seluas 25 hektar yang bisa dinikmati sebagai sarana rekreasi. Danau tersebut mampu menampung 300 ribu meter kubik air yang  bisa digunakan sebagai reservoir penanggulangan banjir.  

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X