Kompas.com - 15/08/2017, 08:54 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Revitalisasi danau Rawapening, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terus dikebut pekerjaannya agar bersih dari eceng gondok.

Selain untuk mengembalikan fungsi danau, pembersihan juga sekaligus menyambut lomba dayung nasional September 2017 mendatang.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerain Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso mengatakan, pembersihan eceng gondok yang dilakukan masif sejak 2016 sudah mulai terlihat hasilnya.

Saat ini sekitar 1.200 hektar dari 1.800 hektar lahan yang sudah bersih dari eceng gondok. Sisa luasan itu terus dikerjakan, bahkan ditambah alatnya.

"Tanggal 22 September rencana mau ada lomba dayung nasional di rawa pening, maka kita bersihkan terus,” kata Imam, Senin (14/8/2017).

Menurut Imam, lomba dayung membutuhkan lahan yang amat luas, dan bersih dari gulma. Lahan kosong minimal harus tersedia 2.200 meter. Oleh karenanya, satuan kerja akan terus bekerja memenuhi persyaratan itu.

“Minimal syarat luasan kan 2.200 meter. Rawa pening ini seperti di Jakabaring Sport Center, di sini mau dibuat 2.200 meter, dan saya yakin bisa,” tambah Imam.

Revitalisasi Rawa Pening, sambung dia, penting untuk mengembalikan fungsi dari rawa itu sebagai tampungan air.

Sejauh ini, ada 15 danau yang dianggap kritis, sehingga butuh penanganan bersama. Khusus di Rawa pening permasalahan yaitu eceng gondok dan alih fungsi lahan di sekitar rawa.

Penanganan eceng gondok dilakukan sejak 2016, menggunakan alat berat. Kementerian PUPR ingin agar revitalisasi danau dapat mengembalikan fungsi tampungan air.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.