Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kondisi Proyek Tol Trans-Sumatera Terkini

Kompas.com - 26/07/2017, 10:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jalan Tol Trans-Sumatera menjadi salah andalan pemerintah dalam membangun konektivitas antar-wilayah di pulau tersebut. Namun, proyek yang dirancang sepanjang 2.700 kilometer itu kurang diminati investor.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, menyebut laju pengembalian minimum atau internal rate of return (IRR) sebagai penyebabnya.

Lantas, bagaimana perkembangan proyek jalan tol yang penggarapannnya diserahkan pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) itu?

Perkembangan proyek Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya, Rabu (24/5/2017).Arimbi Ramadhiani Perkembangan proyek Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya, Rabu (24/5/2017).
Saat memaparkan data kepada Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas Tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer, konstruksinya telah mencapai 53,38 persen. Tol ini menelan investasi sekitar Rp 1,6 triliun

Sedangkan, untuk ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, pekerjaan konstruksinya baru mencapai 0,63 persen dengan masa konsesi 40 tahun dan investasi sekitar Rp 16,2 triliun.

"Ini teknisnya lebih berat," kata Basuki di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.RIDWAN AJI/KOMPAS.com Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.
Untuk ruas Palembang-Simpang Indralaya sepanjang 22 kilometer, tol ini memakan investasi Rp 3,3 triliun. Saat ini progress konstruksinya telah mencapai 54,81 persen.

Sementara itu, untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung sepanjang 185 kilometer, ditargetkan selesai pekerjaan konstruksinya pada Juni 2018.

Pasalnya, ruas tol ini akan digunakan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Terakhir, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar saat ini konstruksi telah mencapai 35,49 persen dari panjang 140 kilometer. Konsesi tol ini selama 40 tahun dengan investasi mencapai Rp 16,759 triliun.

KOMPAS.com Progres Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com