Jasa Marga Incar Pembebasan Tanah Tol Batang-Semarang Kelar Agustus

Kompas.com - 22/07/2017, 14:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - PT Jasa Marga Batang-Semarang, menargetkan proses pembebasan tanah Jalan Tol Batang-Semrang selesai pada akhir Agustus 2017.

Dengan begitu, proses pembangunan fisiknya dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai jadwal yang direncanakan.

Humas Jasa Marga Batang-Semarang, Iwan Abriyanto, mengatakan operasionalisasi Jalan Tol Batang-Semarang adalah penghujung tahun 2018.

“Progres untuk pekerjaan fisik dari seksi 1 Desa Pasekaran sampai ke seksi 5 kota Semarang (Krapayak) sepanjang 75 kilometer, sudah mencapai 31,793 persen. Sedangkan pembebasan tanahnya sudah mencapai 86,02 persen,” papar Iwan, Sabtu (22/7/2017).

Sementara itu, di Kabupaten Kendal, penyelesaian pembebasan lahan untuk Jalan Tol Batang-Semarang sudah mencapai 89 persen. Kekurangan 11 persen, dikarenakan ada tanah wakaf, dan tanah milik desa yang penyelesaiannya masih menunggu proses penilaian.

"Beberapa di antaranya juga milik warga,” kata Ketua Tim Pembebasan Tanah Jalan Tol di Kabupaten Kendal, Herry Fatkhurohman.

Herry menambahkan, tanah wakaf yang terkena proyek tol, sekitar 34 bidang yang saat ini digunakan untuk masjid, mushola, dan madarasah. Sedang tanah milik desa yang terkena proyek tol, seluas 40 bidang.

"Kalau yang milik warga, datanya ada di Pengadilan Negeri,” jelasnya. 

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.