Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jateng Dorong Pembangunan "Rest Area" di Tol Bawen-Salatiga

Kompas.com - 18/07/2017, 17:11 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendorong pembangunan rest area Jalan Tol Bawen-Salatiga.

Hal itu dinilai penting lantaran jalan tol ini punya panorama Gunung Merbabu yang menjadi daya tarik serta potensial untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Saya sudah minta, banyak peminat termasuk Jasa Marga yang mengelola. Saya minta tolong dong mereka (pengusaha UKM) didorong supaya agar mereka semua mendapatkan tempat," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo seusai meresmikan acara Borobudur Internasional Festival di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (17/7/2017) malam.

Ganjar mengaku telah meminta arsitek untuk merancang rest area Tol Bawen-Salatiga agar dibuat menarik. Salah tempat yang diajukan oleh Ganjar adalah di sekitar Rawa Pening.

"Kemarin itu di sebelah Rawa Pening ada satu tempat bagus. Tempatnya tinggi. Kalau rest area di samping itu saya bayangkan itu tempat menggantung. Bisa lihat di bawahnya," imbuh Ganjar.

Menurutnya, dengan adanya rest area di Tol Bawen-Salatiga, pengendara tak hanya mampir istirahat, melainkan juga bisa berbelanja produk-produk masyarakat.

"Itu bisa jualan baru. Cuma latar belakang Gunung Merbabu pas di atas pintu tol itu orang sudah berebut ke sana. Maka orang-orang berhenti. Kalau dia berhenti, maka ekonomi kreatif, potensi desa bisa ditingkatkan," ungkapnya.

Rest area tersebut nantinya akan diisi oleh gerai-gerai UKM milik masyarakat. Diharapkan ekonomi masyarakat bisa meningkat.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com