Dikuasai Swasta, Harga Lahan di Cikarang dan Karawang Meroket Tajam

Kompas.com - 18/07/2017, 08:00 WIB
Progres pembangunan fisik Meikarta per 9 Juni 2017. www.meikarta.comProgres pembangunan fisik Meikarta per 9 Juni 2017.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dikenal sebagai kawasan industri, koridor Cikarang-Karawang menjadi wilayah garapan perusahaan lokal dan asing untuk mengembangkan usaha serta bisnisnya.

Tak mengherankan bila perkembangan kedua kawasan ini sangat pesat karena ditunjang berbagai pengembangan infrastruktur. 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), Hartono Sarwono, tidak hanya industri, sektor yang juga ikut berkembang adalah kawasan terpadu.

Hal ini terbukti dari banyaknya pengembang swasta yang melirik Cikarang dan Karawang dalam mengembangkan properti skala besar dan mengincar pekerja di kawasan industri.

"Orang asing kan juga banyak yang bekerja di sana. Market-nya tidak terlalu besar sih, tapi yang paling banyak pekerja sampai manajernya," ujar Hartono kepada KompasProperti, Senin (17/7/2017).

Hartono menuturkan, properti yang diperuntukan bagi kelas karyawan berkembang pesat. Ini karena tanah masih murah sehingga banyak pengembang swasta yang mengincarnya dalam skala besar.

Apalagi saat ini juga tengah dibangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang diyakini dapat mengurangi kapasitas Tol Jakarta-Cikampek sehingga tidak terlalu padat seperti sekarang.

Hartono menambahkan, banyak pengembang swasta ini sudah mulai membebaskan lahan di Cikarang dan Karawang bertahun-tahun lalu. Harga lahannya sangat murah berkisar Rp 10.000-Rp 20.000 per meter persegi.

"Kalau sekarang sudah mahal apalagi sudah banyak pengembang besar yang masuk," sebut Hartono.

Sebagai gambaran, pengembang yang memiliki proyek pengembangan di Karawang adalah PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) yakni Grand Taruma.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X