Kompas.com - 05/07/2017, 19:30 WIB
Tol Trans-Sumatera di Lampung. Dokumentasi Hutama KaryaTol Trans-Sumatera di Lampung.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kawasan Gampong Kahju, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, dikabarkan dipatok sebagai titik nol proyek Jalan Tol Aceh-Sumatera Utara sepanjang 495 kilometer.

Namun Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna menampik kabar tersebut.

Menurut dia, saat ini penggarapan jalan tol yang menjadi bagian dari jaringan Tol Trans-Sumatera itu masih dalam tahap penyusunan dokumen untuk menyesuaikan rute baru, yang berbeda dari rute sebelumnya.

"Mungkin (patok itu) dalam rangka studi, dia dalam rangka penyusunan dokumen pengadaan tanah," kata Herry kepada KompasProperti, Selasa (4/7/2017).

Perubahan rute itu terjadi, kata dia, lantaran adanya sejumlah persoalan di lapangan. Karena itu, dibutuhkan penyesuaian penentuan lokasi (penlok) yang baru, sebelum proses pengadaan tanah dilakukan.

Setelah dokumen yang disusun disetujui, ia menambahkan, tahapan selanjutnya yaitu menginventarisasi lahan yang akan dibebaskan.

Untuk kepentingan inventarisasi ini, BPJT akan menerjunkan tim appraisal untuk menilai harga tanah per meter persegi berdasarkan lokasi.

Sesuai aturan, batas waktu pengadaan lahan yaitu dua tahun. Namun, dapat diperpanjang setahun bila dibutuhkan.

"Baru kemudian dinegoisasi dengan pemilik, dimusyawarah, setuju, baru dibayar," kata dia.

Setelah proses pembebasan lahan, tahap selanjutnya yaitu pengerjaan konstruksi. Herry mengatakan, dari empat paket rencana pembangunan, seksi Banda Aceh-Sigli sepanjang 75 kilometer akan diprioritaskan

Setelah itu barulah, tiga paket lainnya yaitu Sigli-Lhokseumawe sepanjang 135 kilometer, Lhokseumawe-Langsa sepanjang 135 kilometer, dan Langsa-Binjai sepanjang 110 kilometer, yang akan digarap.

"Kita lihat upaya percepatannya. Kalau tanahnya bisa selsai tahun ini, ya tahun depan kita sudah berpikir untuk konstruksi," tuntas Herry.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.