Dalam 5 Tahun, Indonesia Punya Ruang Terbuka Hijau 249,2 Hektar

Kompas.com - 02/07/2017, 18:00 WIB
Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ruang Terbuka Hijau (RTH)
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Indonesia terus bertambah. Dalam periode 5 tahun, yakni sejak 2011—2016, setidaknya RTH, baik berupa taman maupun kebun raya, telah bertambah hingga 247 buah dengan luas total 249,2 hektar.

Dalam rilis yang diterima KompasProperti, Minggu (02/07/17), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) menjelaskan, sejak dimulai pada 2016, Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang diinisiasi Kementerian PUPR telah diikuti oleh 165 kabupaten/kota. Jumlah ini meningkat dari yang semula hanya diikuti 60 kabupaten/kota.

Selain meningkatnya keterlibatan pemerintah daerah, program ini pun semakin mendorong keterlibatan masyarakat.

Buktinya, hingga kini tercatat telah terbentuk 165 Forum Komunitas Hijau, 500 komunitas hijau dengan 4.000 penggiatnya, 200 festival, dan 250 aksi pentingnya kota hijau telah dilakukan yang melibatkan kurang lebih 75.000 orang.

Salah satu pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) untuk berkumpulnya komunitas

Meski sudah mencapai hasil yang positif, Pemerintah terus menggenjot program ini. Pada tahun 2017 ini, terdapat terdapat tambahan 9 pemerintah kabupaten/kota yang mengikuti P2KH.

Program ini mendorong kepedulian terhadap isu RTH di kota, terutama pemerintah daerah, untuk melakukan inventarisasi aset tanah.

Aset tanah ini bisa dijadikan RTH sebagai ruang terbuka publik selain alun-alun yang sudah ada serta menjadi prakarsa berkumpulnya komunitas lingkungan hidup dan sosial untuk kota yang lebih baik.

Oleh sebab itu, komitmen kepala daerah sangat penting untuk menggerakkan seluruh perangkat daerah untuk mewujudkan komitmen kota hijau.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X