Menhub Sebut Operasional Angkutan Barang Tak Ganggu Arus Balik

Kompas.com - 29/06/2017, 17:50 WIB
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen PolCondro Kirono berdiskusi di Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Kamis (29/6/2017) sore. Kompas.com/ Syahrul MunirMenteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen PolCondro Kirono berdiskusi di Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Kamis (29/6/2017) sore.
|
EditorHilda B Alexander

SALATIGA, KompasProperti - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai aktivitas angkutan barang di jalan raya seiring dengan berakhirnya masa pembatasan operasional angkutan barang tanggal 29 Juni 2017 ini tidak akan mengganggu arus balik.

Budi mengutarakan hal itu saat meninjau penyelenggaraan arus balik di Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Kamis (29/6/2017) sore.

Menurut dia, Kemenhub sudah berkoordinasi dengan sejumlah asosiasi angkutan barang guna menghindari kemacetan di jalur Pantura.

Dari koordonasi tersebut diketahui bahwa angkutan barang lebih banyak bergerak dari arah barat ke timur pulau Jawa.

"Hasil diskusi kami dengan beberapa asosiasi, yang banyak itu (angkutan barang) dari barat ke timur. Dari timur ke barat sedikit," kata Budi.

Melalui kordinasi tersebut, Budi optimistis operasional angkutan barang tidak akan mengganggu arus balik. Sebab angkutan barang yang dominan dari arah barat ke timur akan memanfaatkan jalur pantura.

"Kalau dari barat ke timur itu bisa menggunakan pantura, kami sudah koordinasikan dengan asosiasi dan kalau dari barat ke timur kan gak begitu ada masalah karena jalurnya ringan," jelasnya.

Budi mengimbau jika tidak mendesak, angkutan barang bisa keluar mulai Senin (3/7/2017). Tapi ini sifatnya imbauan, karena secara aturan sudah diperbolehkan.

"Tapi jika terjadi kemacetan, polisi bisa menghentikan angkutan barang," cetusnya.

Tutup "rest area"

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X