Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelat B Juga Kuasai Jalur Non-Tol Pantura

Kompas.com - 26/06/2017, 11:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PEMALANG, KompasProperti - Tak hanya di jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang, kendaraan dengan Pelat Nomor B alias asal Jakarta juga menguasai jalur-jalur nasional non-tol di pantai utara (Pantura) Jawa.

Baca: Lebaran Kedua, Mobil Pelat B Padati Jalan Darurat

Pada hari kedua Idul Fitri 2017, Senin (26/6/2017), kendaraan berplat nomor B dari berbagai jenis terpantau memenuhi jalur reguler non-tol di ruas-ruas utama, seperti ruas Pemalang-Pekalongan.

Kendaraan-kendaraan ini terlihat beriringan sejak dari tol operasional Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), hingga Kanci-Pejagan dan Brebes.

Amir Sodikin, salah pemudik dari Jakarta yang mengarah ke Pekalongan, mengatakan kepadatan di jalur reguler Pantura merupakan dampak dari ditutupnya Jalan Tol Darurat Pemalang-Batang dengan pintu keluar akhir Gringsing Exit.

Waze/Amir Sodikin Titik-titik kepadatang di jalur reguler non-tol Pantai Utara (Pantura) Jawa, ruas Pemalang-Pekalongan, Senin (26/6/2017)
"Para pemudik kemudian diarahkan keluar Pemalang Exit di Sta.332. Selepas ini, kami bertemu dengan pengguna jalur reguler Pantura lainnya, sehingga kepadatan tak terelakkan," tutur Amir kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com.

Selepas jalur reguler Pantura Pemalang-Pekalongan, kata Amir, kondisi arus lalu lintas kembali lancar. Pasalnya, banyak jalur alternatif yang bisa ditempuh pemudik.

Selain itu, konsentrasi kepadatan juga mulai terpecah. Ada pemudik yang menuju ke arah Pekalongan, Semarang, Kendal, Solo, dan lain sebagainya.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com