Sebelum Mudik, Perhatikan Lima Hal Berikut Ini - Kompas.com

Sebelum Mudik, Perhatikan Lima Hal Berikut Ini

Kompas.com - 23/06/2017, 12:48 WIB
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik melintasi jalan tol darurat Brebes Timur dan Pemalang-Batang di Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Mulai Kamis malam ini (22/6/2017) jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang dibuka selama 24 jam.

JAKARTA, KompasProperti - Puncak arus mudik lebaran diprediksi jatuh pada H-2 dan H-1 lebaran atau Jumat (23/6/2017) dan Sabtu (24/6/2017).

Bagi Anda yang berencana mudik hari ini, ada baiknya bila Anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum meninggalkan rumah.

Pertama, pastikan seluruh akses masuk ke rumah Anda terkunci. Mulai dari jendela, pintu hingga pagar. Jangan sampai rumah yang kosong menjadi sasaran pencuri.

Kedua, cabut saluran gas dan seluruh peralatan elektronik yang masih menempel, seperti kipas angin, mesin cuci, dispenser, microwave hingga magicjar.

Hal itu guna menghindari terjadinya arus pendek saat ditinggalkan.

Berikutnya, pastikan saluran pam dan keran air dalam keadaan tertutup atau mati.

Keempat, simpan barang berharga yang tidak Anda bawa di tempat yang aman. Pastikan, bahwa barang-barang tersebut tersimpan di tempat yang hanya Anda ketahui.

Terakhir, titipkan kunci rumah kepada orang yang Anda percayai. Tak lupa beri kabar kepada pengurus RT/RW setempat bahwa Anda akan melakukan perjalanan mudik dalam beberapa hari ke depan.

Selamat mudik. Semoga sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X