Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2, Jalan Pantura Semarang Kering dari Banjir Rob

Kompas.com - 23/06/2017, 09:09 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Memasuki H-2 Lebaran, kondisi jalur Pantai Utara (Pantura) Semarang terpantau ramai lancar. Tidak ada kepadatan saat pantauan pada Jumat (23/6/2017) pagi.

Di titik jalan Walisongo Semarang, hingga jalan Siliwangi yang menjadi pintu masuk sebelum gerbang tol Manyaran, kendaraan yang melintas relatif normal.

Semua kendaraan dari tiga jalur di titik itu tetap bisa melintas seperti biasa. Pemudik dari Jakarta juga terlihat jelas di jalur itu.

Sebagian besar pemudik menggunakan kendaraan roda empat, dan sepeda motor. Namun ada juga pemudik dari Jakarta yang pulang kampung memakai bajai, serta Mitsubishi L-300 yang telah dimodifikasi memakai terpal.

Sementara itu, di Jalur Pantura Kaligawe Semarang juga terpantau ramai lancar. Belum ada kepadatan di jalur itu pada Jumat pagi.

Rob yang biasanya melanda jalan nasional di Kaligawe, sudah hampir tak ada. Jalan Pantura pagi tadi kering, dan bersih dari air bah.

Kendati demikian, di sejumlah titik terlihat beberapa pompa ukuran sedang disiagakan. Satu pompa mobile ukuran besar terlihat siaga di posko induk di Kaligawe.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono memastikan Jalan Pantura Semarang bebas banjir rob saat arus mudik tahun ini.

Kepastian itu setelah selesainya pembangunan Polder Sringin, di belakang kampus Unisula Semarang. Jalan Pantura pun menjadi kering, dan sudah tidak ada genangan lagi.

"Kalau rob lagi gak (akan) ada," kata Basuki, saat di Semarang, Jumat (16/6/2017) lalu.

Basuki yakin, jalan Pantura siap dilalui untuk arus mudik tahun ini dengan jalan yang kering. Keyakinan diperkuat dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi tidak ada cuaca ekstrim. 

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com