Kompas.com - 23/06/2017, 09:09 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Memasuki H-2 Lebaran, kondisi jalur Pantai Utara (Pantura) Semarang terpantau ramai lancar. Tidak ada kepadatan saat pantauan pada Jumat (23/6/2017) pagi.

Di titik jalan Walisongo Semarang, hingga jalan Siliwangi yang menjadi pintu masuk sebelum gerbang tol Manyaran, kendaraan yang melintas relatif normal.

Semua kendaraan dari tiga jalur di titik itu tetap bisa melintas seperti biasa. Pemudik dari Jakarta juga terlihat jelas di jalur itu.

Sebagian besar pemudik menggunakan kendaraan roda empat, dan sepeda motor. Namun ada juga pemudik dari Jakarta yang pulang kampung memakai bajai, serta Mitsubishi L-300 yang telah dimodifikasi memakai terpal.

Sementara itu, di Jalur Pantura Kaligawe Semarang juga terpantau ramai lancar. Belum ada kepadatan di jalur itu pada Jumat pagi.

Rob yang biasanya melanda jalan nasional di Kaligawe, sudah hampir tak ada. Jalan Pantura pagi tadi kering, dan bersih dari air bah.

Kendati demikian, di sejumlah titik terlihat beberapa pompa ukuran sedang disiagakan. Satu pompa mobile ukuran besar terlihat siaga di posko induk di Kaligawe.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono memastikan Jalan Pantura Semarang bebas banjir rob saat arus mudik tahun ini.

Kepastian itu setelah selesainya pembangunan Polder Sringin, di belakang kampus Unisula Semarang. Jalan Pantura pun menjadi kering, dan sudah tidak ada genangan lagi.

"Kalau rob lagi gak (akan) ada," kata Basuki, saat di Semarang, Jumat (16/6/2017) lalu.

Basuki yakin, jalan Pantura siap dilalui untuk arus mudik tahun ini dengan jalan yang kering. Keyakinan diperkuat dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi tidak ada cuaca ekstrim. 

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.