Kompas.com - 22/06/2017, 17:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

BATANG, KompasProperti - Jalur Pantura Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terpantau lancar, bahkan di beberapa titik cukup lengang. Belum terlihat penumpukan arus pemudik yang melewati jalur ini.

"Kondisi pemudik tidak begitu padat, masih lengang, ramai lancar. Pagi tadi memang ada penambahan volume kendaraan, tapi sampai sekarang stagnan," kata Kanit Laka Luwes, Gringsing, Windarto kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Kamis (22/6/2017).

Dari pantauan Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, di pos mudik Lebaran pertigaan Alas Roban, Kabupaten Batang, terlihat arus lalu lintas lancar.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik kendaraan pribadi melintas di jalur Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Jalur mudik Alas Roban terpantau ramai lancar dan belum terlihat penumpukan arus pemudik yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura).
Di jalur yang sama juga tidak terlihat truk-truk beroperasi, sehingga jalur kanan di pertigaan yang sedianya untuk truk, kosong dan bisa memperlancar arus lalu lintas.

Windarto memprediksi kepadatan baru akan terjadi Kami malam (22/6/2017) atau Jumat pagi (23/6/2017). Karena menurutnya sampai siang ini penumpukan masih terjadi di dareah Brebes.

"Selama di Batang tidak ada truk, kemungkinan aman sampai besok. Kecuali ada truk, apalagi yang over load, pasti bikin penumpukan di tanjakan Subah," ujarnya.

Sementara itu para pemudik di jalur sebelum Alas Roban terlihat ramai menepi di pinggir jalan. Mereka memanfaatkan pepohonan rindang dengan lahan yang luas untuk beristirahat.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik bersepeda motor melintas di jalur Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Jalur mudik Alas Roban terpantau ramai lancar dan belum terlihat penumpukan arus pemudik yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura).
Salah pemudik dari Jakarta yang beristirahat di pinggir jalan sebelum masuk Alas Roban, Wawan mengatakan sengaja tidak melewati rangkaian Jalan Tol Trans-Jawa mulai Brebes Timur hingga Batang.

Itu karena, menurut Wawan, jalur tol bebas hambatan tersebut justru lebih padat dibanding jalur Pantura.

"Saya berangkat pukul 01.00 WIB malam, sampe Alas Roban ini baru pukul 14.00 WIB. Macetnya memang di tol, malah mulai Jakarta-Cikampek sudah penuh, lihat di Brexit juga padet, mending Pantura lebih lengang," ucapnya yang baru beristirahat setelah masuk Jawa Tengah.

Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.