Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Kontan Transaksi Tol Cipali, Dibulatkan Jadi Rp 110.000

Kompas.com - 19/06/2017, 21:37 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memberlakukan pembulatan ke bawah untuk tarif tol golongan 1.

Pembulatan ini berlaku bagi kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Cikarang Utama dan keluar di Gardu Tol (GT) Palimanan.

"Untuk memperlancar transaksi, kita beri tarif yang normalisasi Rp 111.000 menjadi Rp 110.000," ujar Wakil Presiden Direktur Firdaus Azis saat jumpa pers di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dia menuturkan, masa berlaku pembulatan ini adalah 22-24 Juni 2017. Pembuatan tersebut juga berlaku khusus bagi pengendara yang membayar secara tunai.

Tujuan pembuatan ini adalah untuk mempercepat transaksi antara pengendara dengan petugas di gardu. Pasalnya, saat ini GT Cipali masih melayani transaksi menggunakan uang tunai.

"Itu sangat berpengaruh pada kecepatan transaksi. Kalau bagi (pendapatan) perusahaan pasti ada pengaruhnya, tetapi kita tetap memikirkan bagaimana beri yang terbaik pada pelanggan," kata Direktur Operasional LMS Rinaldi.

Meski demikian, ia menambahkan, pengemudi tetap diarahkan untuk melakukan transaksi menggunakan kartu tol elektronik. Hal tersebut, dinilai cukup efektif untuk mengurangi antrean di depan gerbang tol.

"Kalau biasa transaksi 12 detik dengan cashless bisa di bawah 3 detik. Jadi waktu yang dihemat sangat banyak," sebut Rinaldi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com