Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin, Tol Batang-Gringsing Siap Digunakan

Kompas.com - 18/06/2017, 20:45 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Ruas Tol Batang-Gringsing yang menjadi bagian dari Jalan Tol Batang-Semarang, siap difungsikan atau dibuka sementara pada H-7 Lebaran 2017.

Jalan tol ini dikelola PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT JSB Saut Simatupang menjelaskan, Jalan Tol Batang-Semarang terdiri atas lima seksi.

Dua di antaranya sudah dapat difungsikan, yaitu Seksi 1 dan Seksi 2. Seksi 1 memiliki panjang 3.2 kilometer atau tepatnya mulai dari Kandeman hingga Simpang Susun (SS) Tulis. Seksi 2 hingga perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal, sepanjang 36.1 kilometer.

"Kita membuat jalur fungsional sementara ini sesuai dengan progres pengadaan tanah. Jalur fungsional sementara yang sudah disiapkan saat ini mulai dari Batang hingga Gringsing yakni pertemuan antara jalur fungsional dan Pantura yang mana pemudik bisa keluar di Gringsing kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura," kata Saut dalam keterangan tertulis, Minggu (18/6/2017).

Tiga seksi lainnya saat ini masih dalam proses pembangunan, yaitu Seksi 3 sepanjang 11 kilometer hingga menyentuh SS Kendal, Seksi 4 sepanjang 13,8 kilometer hingga SS Kaliwungu, dan Seksi 5 sepanjang 10,1 kilometer hingga Ngalian.

Kelima seksi tersebut diproyeksikan akan dioperasikan pada kuartal keempat tahun 2018.

Saut menambahkan, pada jalur fungsional sementara ini akan tersedia dua rest area sementara yaitu pada Km 381+400, Km 391+100, Km 402+700 dan Km 409+400.

Rest Area tersebut menyediakan fasilitas seperti toilet, mushola, dan penjualan bbm dalam kemasan, serta bantuan kesehatan.

Ia menegaskan, Jasa Marga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan melalui optimalisasi pelayanan disepanjang jalan tol Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com