Kompas.com - 16/06/2017, 22:38 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KUPANG, KompasProperti - Hasil peninjauan Komisi V DPR RI di sejumlah ruas tol di beberapa kota besar Pulau Jawa, menunjukkan masih minimnya papan informasi yang dibutuhka pemudik.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengharapkan pemasangan informasi-informasi khususnya di ruas jalan tol yang baru dibuka, dipercepat sebelum puncak mudik Lebaran 2017.

Untuk sosialisasi soal arus mudik lanjut Fary, harus gencar dilakukan khususnya di ruas jalan tol darurat atau difungsikan sementara.

"Saat ini informasi-informasi yang berkaitan dengan papan pengumunan serta videotron masih banyak yang belum dipasang di setiap tol," kata Fary kepada sejumlah wartawan di Nekamese, Kabupaten Kupang, Jumat (16/6/2017).

Fary mengaku memperoleh laporan, ada enam titik, namun saat pihaknya meninjau, ternyata hanya ada sebagian titik yang sudah terpasang informasi-informasi yang berkaitan dengan jalur arus mudik.

"Kami berharap, dalam beberapa hari ke depan, berbagai hal yang berkaitan dengan masalah mudik bisa segera dilaksanakan. Mulai dari sosialisasi jalur serta hal-hal yang berkaitan sosialisasi keselamatan dalam berkendaraan," sebut Fary.

Dia juga berharap, agar kejadian mudik 2016 yang identik dengan pintu keluar atau Brebes Timur Exit (Brexit), tidak terulang kembali.

Menurutnya, kemacetan di Brexit itu adalah kemacetan paling parah sepanjang sejarah mudik di Indonesia.

"Saat ini berbagai infrastruktur sudah dibangun oleh pemerintah, seperti pembukaan tol baru yang dapat mempermudah arus mudik," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.