Kompas.com - 13/06/2017, 20:21 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah memastikan ruas Tol Trans-Jawa dibuka secara darurat pada H-10 Lebaran 2017.

Itu artinya, sekarang masyarakat memiliki dua pilihan bila ingin mengakses wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat jalur darat.

Selain Tol Trans-Jawa, jalan nasional Pantai Utara atau Pantura juga masih menjadi salah jalur utama untuk diakses pemudik. Baik itu pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kedua pilihan jalur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tol Trans-Jawa

Tol ini memiliki panjang 337 kilometer, di mana 110 kilometer di antaranya terbentang dari Brebes Timur hingga Weleri, dan sisanya dari Semarang hingga Surabaya. Pemerintah meyakini dengan membuka ruas tol ini, dapat mengurangi kemacetan.

Seperti kemacetan horor yang terjadi pada tahun lalu. Akibat sedikitnya gardu tol yang dibuka di Gerbang Tol (GT) Brebes Timur, antrean kendaraan mengular lebih dari 18 kilometer. Belasan orang pun menjadi korban.

"Diperkirakan 40 persen (kendaraan) masuk ke tol," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2017).

Kompasproperti/Slamet Priyatin Jalan Pantura Cepiring Kendal Jawa Tengah, yang ada pasar tumpahnya. Kompas. Property/ Slamet Priyatin
Namun, keberadaan tol ini masih menyisakan persoalan, seperti jalan bergelombang, debu beterbangan, hingga kurangnya fasilitas tempat istirahat.

Kondisi jalan bergelombang disebabkan lantaran jalan yang belum diaspal. Hanya di beberapa ruas yang telah rigid, sisanya masih dilapisi sekadar lean concrete atau beton tipis, setebal 10 sentimeter.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.