Perbaikan Jalan Longsor di Banyumas Selesai H-10 Lebaran

Kompas.com - 10/06/2017, 17:33 WIB
Perbaikan jalan longsor di Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (10/6/2017). Arimbi RamadhianiPerbaikan jalan longsor di Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (10/6/2017).
|
EditorHilda B Alexander

BANYUMAS, KompasProperti - Sepanjang jalan alternatif Pantai Selatan Jawa khususnya di Banyumas, terdapat beberapa titik rawan longsor. Salah titik longsor yang tengah dalam perbaikan hingga H-10 Lebaran adalah di Lumbi.

"Ada longsoran ini, tapi perbaikannya tanggal 15 Juni 2017 harus sudah selesai," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto saat peninjauan di titik longsor, Sabtu (10/6/2017).

Dia mengatakan titik longsor tersebut baru saja terjadi pada April lalu. Hingga kini, Bina Marga mengupayakan perbaikannya sece[at mungkin.

Menurut Arie, kondisi geologi sepanjang jalan tersebut memang rawan longsor. Ada setidaknya 3 titik longsor yang kini sedang diperbaiki dan dijaga agar tidak rusak kembali.

"Untuk Lebaran kami akan jaga terus (supaya tidak longsor)," kata Arie.

Di titik tersebut, longsor tidak sampai memakan setengah badan jalan. Namun, posisinya sangat dekat dengan tikungan sehingga cukup berbahaya jika pengemudi tidak berhati-hati.

Selain perbaikan jalan longsor, Arie menemukan jalan selepas Banjar dari arah Batas Jabar menuju Cimanggu, Jawa Tengah, yang kondisinya kurang mulus. Ia pun meminta agar jalan sepanjang 5 kilometer tersebut diperbaiki.

"Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sudah membuat komitmen dan yakin H-5 akan mulus semua. Tidak ada lubang sih tapi tidak enak dilalui," sebut Arie.

Jalan yang kurang rata tersebut, tutur dia, akan dilapisi kembali dengan aspal sehingga lebih nyaman dilalui pengemudi terutama saat mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Kendati komitmen pemerintah adalah menghentikan pekerjaan H-10 Lebaran, tetapi Arie melonggarkan syarat tersebut demi membuat jalan mulus.

"Tidak sulit ya sebenarnya, karena campuran aspalnya cukup dekat sehingga bisa langsung dikerjakan," ucap Arie.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X