Kompas.com - 09/06/2017, 14:00 WIB
Arus lalu lintas yang didominasi kendaraan barang terjadi di pertigaan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Teluk Ambon, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (23/7/2013). KOMPAS/A HANDOKOArus lalu lintas yang didominasi kendaraan barang terjadi di pertigaan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Teluk Ambon, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (23/7/2013).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Di Pulau Sumatera terdapat 3 jalan lintas yang dapat dilalui selama mudik dan balik Lebaran 2017.

Pada umumnya, Jalan Lintas Timur, Tengah, dan Barat ini mantap untuk dilalui pemudik.

Meski demikian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap bersiaga mengantisipasi titik rawan longsor dengan menyiapkan peralatan berat sebelum H-6.

Keenam titik tersebut adalah Ruas Kabanjahe-Lawe Pakam, Sumatera Utara, Ruas Tarutung-Sibolga, Sumatera Utara, dan Ruas Pekanbaru-Kandis, Riau.

Selajutnya, Ruas Pekanbaru-Payakumbuh, Riau, Ruas Pekanbaru-Jambi, Jambi, dan Ruas Lahat-Batas Bengkulu, Sumatera Selatan.

Adapun total panjang jalur mudik di Pulau Sumatera adalah 7.668,22 kilometer.

Rinciannya, Jalan Lintas Barat sepanjang 2.390,88 kilometer, Jalan Lintas Timur 2.756,94 kilometer dan Jalan Lintas Tengah 2.420,4 kilometer.

Sebagai catatan tambahan, kondisi Jalan Lintas Timur Sumatera yakni Batas Sumatera Selatan-Lampung, sebagian mengalami kerusakan berlubang dan retak buaya.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan kegiatan Darurat Penanganan Kerusakan Jalan atau sapu lubang dan akan dilanjutkan dengan penanganan permanen.

Fungsionalisasi Tol

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.