Kompas.com - 08/06/2017, 15:24 WIB
Gerbang Tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi   Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017) siang. Kompas.com/ Syahrul MunirGerbang Tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017) siang.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Menjelang mudik Lebaran 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Jalan Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatera untuk fungsional bagi pemudik.

Untuk Trans-Jawa, jalan tol yang fungsional sepanjang 337 kilometer sedangkan Trans-Sumatera 65 kilometer sehingga totalnya 402 kilometer.

"Trans Jawa fungsional Ruas Brebes Timur-Weleri sepanjang 110 kilometer. Ditambah Ruas Semarang-Surabaya 227 kilometer," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR RI, Jakarta, Rabu (8/6/2017).

Ruas yang fungsional tersebut diharapkan mampu mengurangi atau memecah kemacetan pada 4 titik rawan, yaitu di Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

Sementara itu, untuk Trans-Sumatera yang fungsional terbagi atas 4 ruas. Keempat ruas ini yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen SS Kotabaru-SS Lematang 5,03 kilometer dan Ruas Palembang-Indralaya, Seksi 1 (Palembang-Pamulutan) sepanjang 7,75 kilometer.

Kemudian, Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 yaitu Bandara Kualanamu-Kota Sei Rampah sepanjang 41,6 kilometer serta 2 seksi Ruas Medan-Binjai yaitu Seksi 2 Helvetia-Semayang dan Seksi 3 Semayang-Binjai 4,28 kilometer.

Adapun total panjang tol sampai dengan Maret 2017 adalah 934,27 kilometer. Sepanjang 720 kilometer jalan tol beroperasi sampai dengan 2014, ditambah 184 kilometer beroperasi sampai dengan akhir April 2017.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Jalur Trans-Jawa 2017

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.