Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bensin Anda Habis Saat Mudik? Jangan Khawatir, Ada BBM Mobile

Kompas.com - 05/06/2017, 10:37 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Belajar dari pengalaman tahun 2016 lalu saat Gerbang Tol Brebes Timur atau Brexit mengalami kemacetan, pemerintah telah menyiapkan langkah antisipatif. Di antaranya BBM mobile.

Selain mengatur arus kendaraan yang akan melewati gerbang tol, BBM mobile juga disiapkan untuk mengatasi kurangnya pasokan bahan bakar minyak bagi pemudik yang terjebak macet.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) Tbk untuk menyediakan pasokan BBM tersebut.

Nantinya, ada petugas yang berkeliling menjajakan BBM itu kepada pemudik yang membutuhkan.

"Mereka menyiapkan yang namanya Pertamina mobile dan keliling menawarkan dengan sepeda motor," kata Pudji di Galeri Nasional, Jumat (2/6/2017).

Keberadaan BBM mobile tersebut diprediksi akan cukup membantu masyarakat yang kehabisan bensin, namun belum dapat mencapai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Nantinya, ada sejumlah kemasan yang akan ditawarkan kepada masyarakat.

"Kemasannya isinya tiga sampai lima liter. Untuk solar juga begitu," kata dia.

Meski ada BBM mobile yang akan disiagakan di sejumlah titik kemacetan, Pudji tetap mengimbau masyarakat dapat mengantisipasi kekurangan bensin pada kendaraan mereka.

Salah caranya yakni dengan mengisi penuh bensin sebelum mencapai titik-titik yang diprediksi terjadi kemacetan di tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com