Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Jadwal Mudik Gratis Kemenhub

Kompas.com - 03/06/2017, 12:15 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melangsungkan kegiatan mudik gratis pada musim Lebaran tahun 2017. 

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto ada 46.225 sepeda motor dan 96.900 penumpang yang akan diangkut pada saat kegiatan, baik itu ketika arus mudik maupun arus balik.

Sementara, jumlah sepeda motor yang akan diangkut pihak swasta yang menjadi mitra kerja Kemenhub sebanyak 2.115 unit. Untuk penumpang, yang akan diangkut sebanyak 91.060 orang oleh BUMN dan 20.475 orang oleh mitra kerja.

"Jadi, boleh dikatakan sangat besar. Bahkan kapasitas subsidi mudik gratis juga ditambah," kata Pudji dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/5/2017).

Adapun kota tujuan bagi peserta mudik yang diselenggarakan Kemenhub, hanya untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagi pengguna moda transportasi bus. Keberangkatan akan dilangsungkan pada 19-23 Juni 2017.

Sementara itu, proses loading kendaraan akan dilaksanakan pada 19-20 Juni 2017 dan diberangkatkan pada 22 Juni 2017.

Hanya kota-kota tujuan tertentu yang akan dilayani proses pengangkutan kendaraan, yaitu Semarang, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri dan Tegal.

Sedangkan, untuk arus balik, hanya tiga kota yang akan menjadi lokasi loading kendaraan yakni Yogyakarta, Solo dan Semarang. Loading akan dilangsungkan pada 29-30 Juni dan diberangkatkan pada 1 Juli.

Shutterstock Jelang Lebaran atau Hari Raya lainnya, hal pertama yang akan diburu masyarakat untuk keperluan mudik ialah tiket pesawat dan kereta api.
Adapun pemberangkatan masyarakat saat arus balik dilaksanakan pada 1 Juli 2017. Selain ketiga kota di atas, lokasi pemberangkatan akan dilaksanakan di Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Cirebon, dan Kudus.

Moda Kereta, ASDP dan RoRo

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda kereta api, Kemenhub membagi jalur keberangkatan menjadi tiga lintas, yaitu lintas utara, lintas selatan 1 dan lintas selatan 2.

Seluruh keberangkatan akan dilangsungkan melalui Stasiun Jakarta Gudang. Untuk jalur lintas utara tujuan akhir yaitu Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Sedangkan, untuk lintas selatan 1 dan 2 tujuan akhir masing-masing yaitu Stasiun Kutoarjo dan Stasiun Kediri.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menggunakan angkutan laut, untuk arus mudik dari Tanjung Priok ke Tanjung Mas akan dilangsungkan pada 17, 19, 21, dan 23 Juni 2017. Sedangkan arus balik akan dilaksanakan pada 30 Juni, 2,4 dan 6 Juli 2017.

Bagi yang ingin menggunakan angkutan penyeberangan, untuk arus mudik tujuan Semarang akan dilangsungkan pada 17, 19, 21, dan 23 Juni. Sedangkan, untuk tujuan Lampung akan dilaksanakan pada 21 dan 23 Juni.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com