Kompas.com - 05/06/2017, 09:29 WIB
Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti. RIDWAN AJI/KOMPAS.comSeksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.
|
EditorHilda B Alexander

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Konektivitas guna memperlancar arus mudik di Pulau Sumatera sekarang ini telah menjadi perhatian pemerintah, menyamai apa yang dilakukan pada jalur mudik di Pulau Jawa.

Hal itu tak terlepas dari kepadatan kendaraan terutama jelang mudik Lebaran 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di Sumatera, karena banyak terjadi pergerakan barang dan orang setelah di Pulau Jawa maka kami siapkan jalur mudiknya," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Arie menegaskan, jalan tol dan jalan non-tol telah disiapkan oleh pemerintah guna memperlancar arus mudik Lebaran 2017 ini.

Untuk jalan tol, jalur yang fungsional sepanjang 65 kilometer. Salah ruasnya adalah Seksi 1 Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang menghubungkan Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni.

PT PP (Persero) Tbk selaku kontraktor seksi tol tersebut memastikannya kepada Tim Mudik Gesit 2017 Kompas.com ketika berkunjung ke lokasi proyek beberapa waktu lalu.

"Seksi satu dari Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni dengan panjang 7 kilometer dari total 39 kilometer akan fungsional Lebaran nanti untuk mengurai kemacetan ke Pelabuhan Bakauheni," kata Kepala Pelaksana Pembangunan Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni Defri Maulana.

Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.
Adapun untuk progres konstruksi keseluruhan seksi 1 tersebut adalah baru 47 persen. Difungsikannya jalan tol ini bertujuan untuk mengurai kepadatan dari dan menuju Pelabuhan Bakauheni yang kerap terjadi ketika musim mudik.

Defri menambahkan, dari total panjang 39 kilometer, PT PP (persero) Tbk membagi pembangunannya ke dalam tiga zona.

Zona pertama dari KM 0 di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan hingga KM 9 Pelabuhan Bakauheni.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.