Kompas.com - 02/06/2017, 08:30 WIB
EditorHilda B Alexander

YOGYAKARTA, KompasProeprti - Dinas Pekerjaaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan mengoptimalkan tim pendamping agar pelaksananaan program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) selesai sebelum Lebaran 2017.

"Kami berupaya menyelesaikan rehabilitasi RTLH sebelum Lebaran. Tim pendamping kami dorong agar melaksanakan dengan baik," kata Kepala DPUPRKP Gunung Kidul Eddy Praptono di Gunung Kidul, Jumat (2/6/2017).

Dia mengatakan program RTLH menyasar 391 kepala keluarga yang tersebar di Kecamatan Ngawen dan Nglipar, yang masing-masing keluarga sasaran menerima manfaat Rp 15 juta.

Dengan demikian, total anggaran yang disediakan untuk perbaikan mencapai Rp 5,8 miliar. Dana dari pusat itu merupakan stimulan agar masyarakat bisa memperbaiki rumahnya.

Eddy mengakui, dana perbaikan Rp 15 juta tidak bisa membangun rumah dalam kondisi bagus sehingga diperlukan swadaya.

"Kami targetkan pertengahan Juni, seluruhnya sudah selesai," katanya.

Edy mengatakan peran pendamping penting untuk mengoptimalkan pelaksanaan program dari pemerintah pusat tersebut.

Selain itu, bantuan stimulan digunakan sesuai sasaran dan tidak disalahgunakan.

"Rumah yang dibangun tidak mungkin selesai dengan biaya Rp 15 juta, masyarakat harus mengeluarkan anggaran sendiri dan sudah disepakati dalam bentuk perjanjian. Dari data tim pendamping dana swadaya yang terkumpul mencapai Rp 4,1 miliar," tutur Eddy.

Bupati Gunung Kidul Badingah menambahkan sampai saat ini masih ada puluhan ribu rumah tidak layak huni. Pemerintah Kabupaten (pemkab) berupaya melakukan perbaikan.

"Awalnya ada sekitar 25.000 rumah, tapi setelah disentuh dengan program berkurang dan tinggal 23.000 rumah," tuntas dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.