Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Orchard Road di Singapura Diklaim Paling Hijau

Kompas.com - 02/06/2017, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SINGAPURA, KompasProperti - Apple Orchard Road adalah Apple Flagship pertama di Singapura, yang menyoroti perannya sebagai pusat kreativitas global.

Desainnya mencerminkan semangat inovatif dari negara yang memiliki ciri utama Patung Merlion tersebut.

Proyek ini adalah contoh lain dari kolaborasi erat antara Foster + Partners dan tim perancang di Apple yang dipimpin oleh kepala perancang Sir Jonathan Ive dan wakil presiden senior Retail and Online Stores Angela Ahrendts.

Terletak di sepanjang jalan yang dilalui pepohonan, Orchard Road, kantor Apple ini dibangun untuk menciptakan fokus sosial baru, di saat yang sama juga ramah dengan alam.

Dengan begitu, secara tidak langsung desainnya mengaburkan batas antara bagian dalam dan luar ruangan.

Architect Magazine Apple Orchard Road
Areanya mencakup trotoar lebar di depan toko, membentuk ruang publik baru dengan delapan pohon besar yang menciptakan 'taman hijau' yang teduh.

Area tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan alami di tengah lingkungan perkotaan yang padat.

Kanopi-kanopi tipis dan putih berkelok-kelok sepanjang 7,6 meter, menjadi daya tarik pengunjung untuk melihat interior.

Kanopi ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari matahari mengingat Singapura beriklim tropis seperti Indonesia.

"Ini adalah salah satu ruang Apple terhijau kami. Meski tidak hanya semua energi berasal dari sumber yang terbarukan, namun dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun," ujar Kepala Studio, Foster + Partners, Stefan Behling.

Dengan tanaman hijau yang memenuhi toko dari mezzanine hingga lantai dasar dan menuju Orchard Road, maka tercipta lingkungan yang paling ramah.

Dinding batu besar ke kedua sisi interior menampilkan dua tangga melengkung yang spektakuler. Pasalnya, ini diukir dengan tangan oleh perajin Italia dari batu Castilian.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Desain pegangan tangan (handrail) di Apple Orchard Road Singapura didesain menyatu dengan dinding.
Dinding tersebut juga menyediakan buku-buku indah dan memberi ruang besar, yang menjadi sebuah penghormatan terhadap keahlian dan materialitas.

Tangga dengan mudah mengalir ke lantai mezzanine dengan pegangan tangan terpadu yang memiliki sentuhan halus.

Lantai mezzanine ini merangkum Genius Grove terbesar di dunia dengan dua belas pohon Ficus Ali, yang tidak hanya estetis secara visual, namun merangsang semua indra manusia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com