Fungsionalisasi Ruas Tol Solo-Ngawi untuk Mudik Lebaran Masih Dikaji

Kompas.com - 27/05/2017, 12:03 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

SOLO, KompasProperti - Meski pada tahun lalu, ruas Tol Solo-Ngawi telah difungsikan bagi pemudik, untuk tahun ini recana penggunaan kembali masih dikaji ulang. Namun, dari segi infrastruktur, ruas tol tersebut sudah siap dilalui.

PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyatakan, bahwa ruas yang digarap sudah siap dilalui.

Meski ada beberapa titik yang belum dibebaskan, namun hal tersebut tidak akan terlalu mengganggu para pemudik yang akan melewatinya.

"Untuk bagian kami, Paket 2A, ada dua titik yang belum bebas. Panjangnya kira-kira sekitar 200 meter," kata Staf Senior Pengendalian Proyek Paket 2A Ruas Tol Solo-Ngawi PT SNJ, Priyo Hartono, saat dijumpai di exit toll  Widodaren, Jumat (26/5/2017) malam.

Ruas Tol Solo-Ngawi dibangun sepanjang 64 kilometer, terdiri dari ruas Ngasem-Pungkruk 35 kilometer dan ruas Sragen-Walikukun, Widodaren, Ngawi, 29 kilometer.

Priyo mengatakan, secara keseluruhan, konstruksi ruas tol Solo-Ngawi telah dilapisi rigid. Namun, untuk ruas yang belum dibebaskan, dibuat jalur yang sedikit memutar dengan menggunakan lean concrete atau lantai kerja.

Sementara itu, bila jadi difungsikan, rencananya ruas tersebut akan dibuka sepekan sebelum dan sesudah lebaran.

"Tergantung hasil rapat nanti antara pihak Dinas Perhubungan, Lalalu Lintas, dan yang lain. Mereka yang menentukan," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.