Kompas.com - 26/05/2017, 14:16 WIB
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG, KompasProperti — PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) meraih laba bersih Rp 733 miliar sepanjang kuartal pertama tahun ini.

Direktur Hermawan Wijaya mengatakan, raihan laba bersih tersebut melonjak 183 persen dibandingkan pada kuartal pertama tahun lalu yang tercatat Rp 258,74 miliar.

Lonjakan tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan usaha sebesar 59 persen menjadi Rp 1,75 triliun. Pada kuartal pertama tahun lalu, pendapatan usaha hanya Rp 1,11 triliun.

"Kenaikan pendapatan usaha ditopang oleh penjualan tanah, bangunan, dan bangunan strata title yang meroket 81 persen menjadi sebesar Rp 1,44 triliun sepanjang 3 bulan pertama tahun ini," ujar Hermawan melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Jumat (26/5/2017).

Segmen berkontribusi 82 persen terhadap total pendapatan usaha perseroan. Sementara itu, pendapatan sewa juga naik 4 persen menjadi Rp 208,40 miliar. Adapun pendapatan sewa kuartal pertama tahun 2016 tercatat sebesar Rp 199,62 miliar.

Perseroan juga mampu menekan beban bunga dan keuangan lainnya yang turun dari Rp 160,51 miliar pada kuartal pertama 2016. Nilainya menjadi Rp131,83 miliar sepanjang kuartal pertama 2017.

Dengan demikian, laba usaha perseroan naik 71 persen secara tahunan menjadi Rp 671,11 miliar.

“Kami berhasil meningkatkan kinerja pada kuartal pertama tahun ini dengan kenaikan pendapatan usaha dan efisiensi melalui penurunan beban bunga. Kami optimistis kinerja perseroan pada tahun ini, akan tumbuh lebih baik,” tutur Hermawan.

Perseroan pun melanjutkan ekspansi dengan kekuatan kas bersih yang bertambah sebesar Rp 1,01 triliun pada periode kuartal pertama 2017.

Dengan demikian, pada periode kuartal I-2017 ini, Kas dan Setara Kas mencapai Rp 4,57 triliun, dibandingkan dengan posisi periode akhir tahun lalu yang sebesar Rp 3,57 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.