Kompas.com - 25/05/2017, 07:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KOMPASProperti - Jalan Tol Semarang-Batang akan digunakan secara fungsional saat arus mudik Lebaran nanti.

Berbagai persiapan terus dilakukan untuk menyambut pemudik. KompasProperti bersama Tim Jasa Marga Semarang Batang mengecek progres kesiapan itu pada Selasa (23/5/2107).

Jalan tol sepanjang 75 kilometer ini masih dikebut pekerjaannya meski lahan belum seluruhnya dibebaskan.

Dari panjang itu, 36 kilometer di antaranya akan digunakan fungsional, dari titik nol di Pasekaran hingga Grinsing.

Di titik nol atau di titik STA 375+550, jalan masih belum tersambung dengan paket pekerjaan Tol Pemalang-Batang. Para pekerja masih berusaha mengeruk tanah dari bukit.

Di wilayah itu, beberapa titik jalan sudah diberi agregat, ada juga yang dilapisi lantai kerja beton (lean concrette) setebal 10 cm.

Pembuatan lantai kerja dilaksanakan oleh anak usaha PT Waskita Karya (persero) Tbk, yaitu PT Waskita Beton Precast (persero) Tbk.

KOMPAS.com/Nazar Nurdin Ruas Tol Semarang-Batang. Gambar diambil Rabu (24/5/2017)
Dari titik nol, kemudian berjalan menuju Kandeman. Di jalur itu, para pekerja sibuk mengerjakan lantai kerja, hingga menyelesaikan pembangunan jembatan.

Jalur itu juga melewati sejumlah jembatan yang belum jadi, termasuk flyover di Kandeman. Di titik ini, jalan Pantura akan diterapkan sistem buka tutup selama dua hari pada Kamis dan Jumat (25-26/5/2017).

Buka tutup dilakukan untuk pemasangan girder atau balok penyangga jembatan. Girder yang dipasang sebanyak 36 dengan rincian 12 buah ukuran 50 meter dan 24 buah ukuran 16 meter.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.