Jokowi Akui Kesalahan Pemerintah Tidak Punya Bank Tanah

Kompas.com - 27/04/2017, 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo (jokowi) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rusunami 9.000 unit di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017). Arimbi Ramadhiani/Kompas.comPresiden Joko Widodo (jokowi) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rusunami 9.000 unit di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG SELATAN, KompasProperti - Sulitnya masyarakat menengah dan berpenghasilan rendah (MBR) membeli dan memiliki rumah adalah karena harganya sudah tidak terjangkau lagi.

Penyebabnya, harga lahan sduah sangat mahal dan terus naik, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta.

"Kesalahan pemerintah, kenapa dari dulu enggak punya land bank," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pembangunan rumah susun milik ( rusunami) di Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).

Dia menuturkan, harga tanah di Jakarta sudah berkisar Rp 200 juta-Rp 250 juta per meter persegi. Dengan harga tanah semahal ini, tentu saja membuat masyarakat kecil sulit memiliki rumah.

Dahulu, kata Jokowi, sebanyak 30 persen wilayah Jakarta dikuasai pemerintah sehingga membangun rusun-rusun lebih mudah dan murah.

"Tapi, ya sudahlah, itu sudah terjadi," sebut Jokowi.

Baca: Rumah Seharga Rp 112 Juta Diresmikan Jokowi Mei Nanti

Saat ini, tambah dia, kenyataan yang terjadi adalah para pekerja di kawasan industri saja harus tinggal jauh dari tempatnya bekerja.

Karena tinggalnya jauh, maka para buruh dan pekerja ini membutuhkan biaya lebih untuk transportasi sehari-hari.

Karena itulah, PP Urban Town@Serpong dikhususkan untuk para pekerja dan MBR yang bermukim dan bekerja di daerah Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Arimbi Ramadhiani/Kompas.com Jokowi direncanakan meresmikan pembangunan rusunami PP Urban @ Serpong di Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).
Pembangunan proyek rusunami ini dilaksanakan di atas lahan yang bekerjasama dengan PT Ruragraha (Bukit Sarua Development).

Baca: Jokowi Yakin Buruh Mampu Beli Rusun dengan DP 1 Persen

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X