Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FELDA Kuasai Lahan di Indonesia Seluas 4,4 Kali Wilayah Singapura

Kompas.com - 20/04/2017, 15:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti – FIC Properti Sdn Bhd (FICP), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh The Federal Land Development Authority (FELDA), saat ini telah resmi menguasai 37 persen saham PT Eagle High Plantation Tbk (EHP).

Investasi strategis ini menunjukkan komitmen dan kepercayaan FELDA terhadap prospek perekonomian Indonesia pada masa yang akan datang.

Investasi ini juga membantu FELDA dan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam asosiasinya untuk membuat terobosan lebih lanjut ke pasar domestik Indonesia yang terus berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Baca: Grup Rajawali Garap Resor Senilai Rp 1,6 Triliun di Langkawi

Setelah akuisisi, FELDA akan memiliki akses lebih dari 320.000 hektar lahan di Indonesia. Jumlah ini setara dengan 4,4 kali wilayah Singapura, termasuk lebih dari 125.000 hektar yang telah ditanami tanaman sawit inti (nucleus).

Selain itu, kemitraan tersebut juga akan mempercepat komitmen EHP untuk memperoleh sertifikasi standar usaha keberlanjutan dalam waktu 18 bulan ke depan.

"Saya berharap kemitraan ini akan lebih mempererat hubungan bilateral yang kuat antara Malaysia dan Indonesia," ujar Managing Director Rajawali Group Satrio Tjai melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (20/4/2017).

Kerja sama ini, kata Satrio, terutama untuk memajukan dan menggerakkan agenda yang baru saja dibentuk oleh Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit (CPOPC), yang mana kedua negara tersebut merupakan anggota pendiri Dewan tersebut.

Baca: Four Seasons Resmi Gantikan St Regis di Capital Place Jakarta

FIC Properti Sdn Bhd merupakan special purpose vehicle (SPV) yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh FELDA.

Sementara FELDA adalah Badan Pemerintah Malaysia yang terlibat dalam berbagai diversifikasi kegiatan pembangunan dan usaha ekonomi.

Rajawali Group sendiri menaungi EHP yang merupakan perusahaan minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia pasca rampungnya transfer saham.

Rajawali Group telah mengoperasikan berbagai industri bisnis, termasuk hotel dan properti, pertanian, pertambangan, infrastruktur, transportasi, dan media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com