Kompas.com - 04/04/2017, 19:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Penghasilan Anda Rp 8 juta per bulan, dan ingin membeli hunian idaman seharga Rp 350 juta? Siap-siap dengan kondisi berhutang selama seperempat abad.

Associate Director Residential Sales Colliers International Indonesia, Aliviery Akbar, mengatakan, tenor pinjaman 25 tahun itu adalah yang paling aman bagi kalangan berpenghasilan Rp 8 juta per bulan.

"Itu kita mengacu pada rasio utang atau cicilan sebesar 1/3 atau 30 persen dari total penghasilan," ujar Aliviery kepada KompasProperti, Selasa (4/4/2017).

Dengan asumsi konsumen menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) BTN, maka cicilan per bulan yang harus dibayar adalah Rp 2.487.500.

Perhitungannya begini, harga apartemen Rp 350 juta. Plafon yang disetujui Rp 297.500.000, setelah dikurangi uang muka atau down payment (DP) 15 persen atau Rp 52 juta.

Jika dihitung dengan suku bunga 8,5 persen selama satu tahun pertama, dan 13 persen pada tahun berikutnya, konsumen akan berhutang selama 25 tahun.

"Itu cicilan dan tenor paling aman untuk konsumen dengan penghasilan Rp 8 juta per bulan. Itu pun dengan catatan, tidak punya hutang lain, kartu kredit, gaya hidup minimal, tidak foya-foya atau berpesta," tutur Aliviery.

Adakah apartemen di Jakarta yang dibanderol seharga Rp 35 juta?

Menurut Aliviery ada, namun lokasinya tidak di pusat kota melainkan di pinggiran. Luasan unitnya pun sekitar 20-24 meter persegi atau tipe studio.

"Masih layak untuk firts home buyer atau pembeli rumah pertama," cetus dia.

Baca: Cuma Ada Enam Apartemen Seharga Rp 350 Juta di Jakarta

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.