Konstruksi Menara 3 UMN Masuk Tahap Tutup Atap

Kompas.com - 27/01/2017, 14:00 WIB
CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama saat topping off Tower 3 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Tangerang, Jumat (27/1/2017). Gedung dengan konsep hemat energi ini akan diresmikan secara keseluruhan bangunan pada Agustus mendatang. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELICEO Kompas Gramedia Lilik Oetama saat topping off Tower 3 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Tangerang, Jumat (27/1/2017). Gedung dengan konsep hemat energi ini akan diresmikan secara keseluruhan bangunan pada Agustus mendatang.
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG SELATAN, KompasProperti - Potesi krisis energi mengancam Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan data dari Indonesian Petroleum Association, ada kesenjangan antara permintaan energi dan pasokan produksi minyak di dalam negeri.

Pada saat yang sama, permintaan energi tinggi, sementara pasokan produksi menipis.

Berangkat dari kekhawatiran ini, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan penghematan energi melalui pembangunan gedung yang mengusung konsep hemat energi.

Langkah ini bukan pertama kalinya diterapkan oleh UMN, namun sudah yang ketiga kalinya.

Rektor UMN Ninok Leksono mengatakan, pembangunan Menara 3 kini telah mencapai tahap penutupan atap atau topping off.

"Karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satunya dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energi," ujar Ninok, di Tangerang Selatan, Jumat (27/1/2017).

Dia menuturkan, New Media Tower sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri, sebagai gedung hemat energi.

Seperti New Media Tower, Menara 3 juga menggunakan double skin atau lapisan ganda yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian, ruangan cukup dingin dan terang meski pemakaian energinya minim.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X