Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Arsitek Mengatasi Kekumuhan Perkotaan

Kompas.com - 10/01/2017, 23:19 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, permukiman kumuh identik dengan sejumlah hunian yang rapat, lingkungan yang kotor, amburadul, dan bau.

Tidak hanya jelek dipandang, permukiman kumuh membuat keamanan dan kesehatan warganya juga rentan.

"Kumuh itu sebenarnya tidak pernah ada definisi yang jelas. Tetapi yang saya tangkap, kesan negatif bisa diatasi dengan sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik," ujar arsitek dari RUJAK Center for Urban Studies Andesha Hermintomo kepada Kompas.com, Selasa (10/1/2017).

Menurut dia, hunian di dalam lingkungan permukiman harus didesain untuk berfungsi baik meski tanpa menggunakan pendingin ruangan.

Selain itu, hunian juga perlu dibangun dengan material yang aman dan tidak mudah terbakar. Begitu pula pola ruangnya, arus dibangun dengan lebih aman dari risiko kebakaran.

"Misalnya, penempatan dapur bukan di dalam unit hunian, tapi di tempat yang terawasi oleh komunitas atau tetangga yang lain," tutur Andes, sapaan akrab Andesha.

Ia menambahkan, lingkungan akan jauh dari kesan negatif kumuh jika tersedia ruang-ruang interaksi sosial serta dekat dengan sumber mata pencarian warga.

Hal ini, termasuk kemungkinan keluarga tersebut bisa punya warung di bagian depan rumah masing-masing.

Salah satu contoh desain lingkungan yang baru dirancang Andes untuk menghilangkan kesan negatif kumuh adalah Kampung Akuarium di Jakarta Utara.

Baca: Pasca-penggusuran Warga dan Arsitek Rancang Kampung Akuarium Vertikal

Proses desain ini dilakukan bersama warga supaya fungsi lingkungan dapat dinikmati sesuai kebutuhan.

Dalam desain tersebut, terdapat 5 titik yang tergambar, pertama adalah pintu masuk kawasan, Pasar Heksagon, Kampung Akuarium, plaza, akses ke Luar Batang, dan pelabuhan.

Kampung Akuarium sendiri dibangun 4 lantai yang menggabungkan fungsi pasar, hunian, dan fasilitas pendukung.

Lantai 1 diisi Pasar Akuarium. Sementara lantai 2 untuk hunian dan Pos Siskamling. Lantai 3 diperuntukkan sebagai hunian, masjid, balai warga, paud, dan posyandu.

Lantai 4 digunakan untuk hunian, area bermain, taman bermain, kebun sayur, area cuci dan jemur.

Seluruh fasilitas ini dibuat layaknya sebuah kampung, hanya lebih padat secara vertikal.

Hal terpenting dari pembangunan kembali kampung tersebut dalah detail konstruksi sederhana mampu dibanun dan dirawat oleh warga.

Struktur utama menggunakan baja namun untuk modul hunian dapat menggunakan kayu, papan, atau bilik, sesuai selera dan kemampuan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com