Kompas.com - 06/12/2016, 11:00 WIB
Gerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek. Febri Ardani/KompasOtomotifGerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II belum lagi dilakukan, tetapi PT Jasa Marga (Persero) Tbk sudah memiliki rencana untuk membangun tol lainnya yakni Jakarta-Cikampek Selatan.

Rencananya, jalan tol tersebut akan melewati Jatiasih di Bekasi hingga Sadang, Purwakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan dibangunnya jalan tol ini adalah untuk mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II saja belum cukup maksimal mengurai kemacetan terutama untuk perjalanan jarak jauh.

"Kami telah menginisiasikan Jakarta-Cikampek Selatan karena memang Jakarta-Cikampek II Elevated ini belum ideal mengurangi traffic jarak jauhnya supaya nggak harus keluar di Bekasi Barat atau Bekasi Timur," kata Desi di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Terkait rencana itu, Desi mengakui kini pihaknya tengah mempersiapkan proses lelang dan berharap dapat dilakukan pada pertengahan 2017 mendatang.

Sementara itu, untuk pendanaan pembangunan proyek tersebut diprediksi akan menggunakan skema contractor pre financing (CPF) atau kontraktor mendanai dahulu, setelah beroperasi jadi kewajiban operator atau BUJT untuk membayar.

Skema tersebut diperkirakan membuat belanja modal perseroan pada 2017 nanti tidak akan melonjak signifikan meski dalam waktu bersamaan Jasa Marga menggarap dua tol sekaligus.

"Kebutuhan pendanaan hampir sama dengan 2016 karena kita pakai skema CPF. Jadi gotong royong dengan kontraktor. Dia tanggung dulu cost of money pada saat pembangunan, setelah selesai ganti kami yang nanggung sampai masa konsesi berakhir. Jadi tidak membutuhkan biaya tambahan untuk investasi," pungkas Desi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.