Penting, Jadwalkan Bersih-bersih Meja Kerja secara Berkala!

Kompas.com - 05/12/2016, 11:00 WIB
www.houzz.com Barang-barang Anda punya tempatnya masing-masing. Tempatkan persediaan barang Anda, misalnya pada sebuah nampan, tempat pensil atau sejenisnya.

KOMPAS.com - Mungkin Anda bekerja di sebuah bilik kecil, sudut kamar tidur rumah, sudut yang luas atau ruang kerja rumah yang sepenuhnya disesuaikan.

Namun, di mana pun Anda bekerja, meja Anda dapat menjadi sumber datangnya stres dan kuman.

Biasanya, untuk membersihkan rumah, Anda sudah memiliki jadwal rutin. Tetapi pada ruang kerja, kemungkinan besar Anda tidak memiliki kebiasaan yang solid untuk pemeliharaan.

Bagi Anda yang mencari cara membersihkan meja bilik kantor, ini sejumlah langkah yang bisa dijadikan acuan.

Tugas harian

Bersihkan item yang paling sering disentuh, misalnya telepon, mouse dan keyboard. Dengan kain microfiber basah, Anda dapat membersihkan barang-barang ini.

Bersihkan peralatan alat makan dan minum. Tidak masalah jika Anda menggunakan botol yang sama pada esok hari, asalkan Anda mencuci botol tersebut malam sebelumnya.

Lakukan pembersihan sesaat sebelum Anda meninggalkan kantor, misalnya membuang sampah dan merapikan kertas-kertas.

Sangat penting untuk meninggalkan meja Anda serapi mungkon sehingga saat pagi hari, emosi Anda lebih baik untuk bekerja.

Tugas mingguan

Membersihkan telepon secara mendalam. Berapa kali sehari tangan, pipi, telinga atau bibir Anda menyentuh ponsel? Seberapa sering orang lain menggunakan telepon Anda?

www.houzz.com Sedikit personalisasi selalu dibutuhkan. Siapa yang tidak suka membuat mejanya terkesan milik pribadi? Kumpulan foto-foto, benda-benda dengan inisal nama Anda, atau peralatan menulis dan aksen lain yang menggambarkan gaya Anda.
Gunakan desinfektan untuk benar-benar membersihkan di setiap sudut dan celah dari kuman.

Setelah telepon Anda, mouse, keyboard dan meja mungkin yang paling sering bersentuhan dengan Anda setiap hari.

Usap permukaan ini dengan tisu desinfektan pada Jumat tepat sebelum Anda meninggalkan atau lakukan pada Senin pagi.

Kosongkan sampahnya. Jika kru pembersih bertugas mengosongkan sampah, Anda dapat melewatkan langkah ini.

Namun, jika ini menjadi tugas Anda dan Anda makan di meja, pertimbangkan untuk melakukan tugas tersebut sehari-hari atau dua kali per minggu agar mengurangi bau dan hama.

Tugas bulanan

Bersihkan keyboard Anda secara mendalam. Keluarkan kapas untuk telinga, kain microfiber dan larutan pembersih ringan.

Jika remah-remah makanan memenuhi keyboard, berhenti makan di meja Anda! Setidaknya, Anda bisa menggunakan handuk lap atau serbet kain untuk melindungi keyboard sambil makan.

Membersihkan mouse secara mendalam. Sekali lagi, kapas untu telimga, kain microfiber dan pembersih ringan akan membantu Anda membersihkan setiap celah.

www.nydailynews.com Apartemen kecil ini dijual berikut rak tempat tidurnya, yang hanya dapat diakses dengan cara memanjat ke atas atas permukaan meja kerja dapur. Di sini juga ada toilet yang juga sangat sempit untuk digunakan mandi.
Namun, pastikan Anda mematikan atau mencabut barang elektronik tersebut sebelum membersihkannya.

Membersihkan layar komputer. Layar Anda berada di zona sasaran setiap kali Anda batuk dan bersin.

Tentu, Anda tidak menyentuh layar sesering ponsel Anda, tapi itu bukan alasan untuk tidak mengelapnya.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dengan pembersih yang digunakan, karena beberapa dari zat pembersih dapat membahayakan lapisan pelindung layar Anda.

Tugas triwulanan atau tahunan

Penting untuk meluangkan waktu memperhatikan sumber-sumber yang seringkali diabaikan dan menjadi sarang kotoran dan debu.

Bersihkan organizer dan barang-barang pribadi, misalnya penyortir kertas, gelas pena, foto serta pernak-pernik.

Barang-barang ini dapat mengumpulkan banyak debu dan menjadi tempat bagi banyak kuman. Luangkan waktu untuk mengosongkan dan membersihkan organizer, serta mengelap barang-barang pribadi.

Simpan satu atau dua pena di meja Anda. Semakin sedikit pena yang bisa dipinjam dan dikembalikan rekan kerja Andam

Sengan demikian, semakin sedikit kuman yang menempel pada Anda.

Membersihkan kabel. Gunakan kain microfiber untuk menyingkirkan debu yang berada di atas kabel, colokan dan sambungan listrik.

Mengevaluasi organizer Anda. Jujur, apakah Anda memiliki sistem organisasi di meja kerja? Jika Anda melakukannya, apakah sistem ini berguna untuk Anda?

Lihat sekitar Anda apakah ada sampah yang dapat disingkirkan dan catatan kertas yang dapat dipindai sehingga mengurangi penggunaan kertas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorHilda B Alexander
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X