Kompas.com - 04/12/2016, 17:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Indonesia menjadi negara dengan biaya hidup nomor 12 paling murah di dunia dari 15 negara yang terdiri dari negara-negara di Asia, Timur Tengah, dan Eropa.

Dalam indeks rilisan Movehub yang diolah dari numbeo.com dan mengacu pada New York, indeks biaya hidup di Indonesia ada di indeks 39,35, unggul dari Georgia (39,56) di peringkat 13, Maroko (39,78) di peringkat 14, Filipina di nomor 15 dengan indeks 40.

Itu artinya, biaya hidup di Indonesia, Georgia, Maroko, dan Filipina saat ini sekitar 61 persen lebih murah dibandingkan di New York.

Sementara itu, posisi satu negara dengan biaya hidup terendah ditempati oleh India dengan indeks 26,27, Nepal di posisi dua dengan indeks 28,85, Pakistan (30,71) di peringkat tiga, Tunisia di posisi empat dengan 34,06, dan Algeria di posisi lima dengan indeks 34,10.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa biaya hidup di lima negara tersebut rata-rata lebih murah 70-80 persen dibandingkan New York.

Di sisi lain, jika dibandingkan dengan delapan negara di regional Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan ketujuh sebagai negara dengan biaya hidup terendah, hanya kalah dari Filipina dengan indeks 35,27.

Singapura dengan indeks 87,83 masih menjadi negara dengan biaya hidup paling mahal di Asia Tenggara, diikuti Brunei di peringkat dua dengan indeks 54,48, Kamboja (44,99) di peringkat tiga, Malaysia di nomor empat dengan indeks 42,24, dan Thailand (41,98) di posisi kelima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.