Kompas.com - 30/11/2016, 13:00 WIB
Deputi Pengembangan Regional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Arifin Rudiyanto saat High-Level Dialogue & Workshop Deputi Pengembangan Regional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Arifin Rudiyanto saat High-Level Dialogue & Workshop "Program sAIIG Mendukung Peran Pemerintah Daerah Mewujudkan Pencapaian Target SDGs di Sektor Sanitasi", di Jakarta, (29/11/2016).
|
EditorHilda B Alexander

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sanitasi merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Deputi Pengembangan Regional Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan dalam 10 tahun terakhir ada peningkatan akses sanitasi.

Menurut Arifin, peningkatan akses mengalami percepatan sebesar 3 persen per tahun. Sebelumnya hanya 1 persen setahun.

"Ini ada kontribusi yang besar, sekarang capaian akses sanitasi sudah 67,8 persen," ujar Arifin saat High-Level Dialogue & Workshop "Program sAIIG Mendukung Peran Pemerintah Daerah Mewujudkan Pencapaian Target SDGs di Sektor Sanitasi", di Hotel Sultan, Jakarta, (29/11/2016).

Pemerintah telah mengamanatkan akses universal air minum dan sanitasi pada akhir kepemimpinan Joko Widodo.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, akses air minum dan sanitasi ditargetkan bisa mencapai 100 persen.

"Ini kewajiban bersama untuk mencapainya. baik pemerintah pusat, provinsi dan semua lembaga harus berpartisipasi dalam kegiatan ini," sebut Arifin.

Ia menambahkan, komitmen ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai tujuan berkelanjutan dunia.

Sanitasi diangkat jadi prioritas nasional karena dapat membawa dampak yang sangat besar pada lingkungan serta produktivitas bangsa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.