Kompas.com - 07/11/2016, 22:00 WIB
Apartemen Cosa Domaine di Jakarta Pusat terbakar, Senin (7/11/2016). istApartemen Cosa Domaine di Jakarta Pusat terbakar, Senin (7/11/2016).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen Casa Domaine yang terletak di kawasan Mas Mansyur, Jakarta Pusat terbakar. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB ini, mengepulkan asap hitam yang pekat.

Terkait keamanan gedung yang tengah dibangun ini, menurut Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta, perlu diketahui lebih lanjut berapa temperatur api yang menyala.

"Besi beton terlindungi oleh selimut beton. Tetapi, kalau panasnya berlebih maka akan masuk ke bagian dalam," ujar Davy ketika dihubungi, Senin (7/11/2016).

Davy menjelaskan, jika suhu api mencapai 600 derajat Celcius, kekuatan besi beton mulai menurun.

Sementara kaca yang menjadi fasad bangunan tersebut, bisa ikut meleleh. Namun, karena bukan komponen struktural, maka kaca tersebut bisa diganti.

"Struktur beton bisa juga diperbaiki setelah melewati kajian mendalam. Terutama, menyangkut berapa suhu yang terjadi di komponen beton saat kebakaran," tutur Davy.

Selain panasnya, watu menyala api juga menentukan kerusakan gedung akibat kebakaran.

Adapun dari sisi penyebab, sampai saat ini belum ada informasi dari pihak kepolisian yang pertama kali mengonfirmasi adanya kebakaran.

Sementara menurut Davy, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebakaran pada bangunan, terutama material yang dipakai.

"Bahan-bahan seperti bekisting kayu atau bahan cat karena mengandung alkohol," kata Davy.

Casa Domaine merupakan pengembangan milik Salim Group bersama Lyman Group dan Kerry Group melalui PT Griyaceria Nusamekar.  

Apartemen ini dirancang sebanyak dua menara, masing-masing setinggi 51 dan 47 lantai dengan total 323 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.