Kompas.com - 09/10/2016, 12:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KUNINGAN, KOMPAS.com - Pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) nyatanya mampu memengaruhi perekonomian di wilayah yang dilalui jalur tol tersebut. Salah satunya adalah Kabupaten Kuningan di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sektor perekonomian yang terdampak adalah pariwisata. Hal ini ditandai jumlah kunjungan wisata yang melonjak tinggi hingga 200 persen bila dibandingkan dengan kondisi ketika Tol Cipali belum beroperasi.

Kemudahan akses menjadi alasan di balik banyaknya kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke Kuningan.

Bahkan dalam kondisi tertentu, kunjungan tersebut bisa meroket hingga 300 persen sehingga mengakibatkan penginapan-penginapan mencapai tingkat hunian 100 persen.

Kondisi tersebut tentu saja berimbas pada perekonomian masyarakat lokal yang terus membaik.

"Beberapa pengunjung saya tanya mereka ingin coba Tol Cipali dan coba ke Kabupaten Kuningan yang iklimnya masih enak masih sejuk. Yah kalau Kuningan masih dingin, kalau Majalengka panas, Cirebon apalagi, Indramayu panas. Hanya kuningan yang dingin karena kami punya Gunung Ciremai," kata Bupati Kuningan Acep Purnama, di Kuningan, Jumat (7/10/2016).

Oleh sebab itu, Acep yakin pertumbuhan ekonomi di wilayahnya bisa menembus angka 15 persen hingga akhir 2018 nanti.

Sebagai informasi, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kuningan mencapai 10 persen dari total APBD yang sebesar Rp 250 miliar per tahun.

Untuk bisa merealisasikan target pertumbuhan itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan berencana membangun Jalan Lingkar Kuningan.

Adanya infrastruktur ini diharapkan membuat masyarakat lebih mudah menjangkau Kabupaten Kuningan setelah keluar Tol Cipali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.