Kompas.com - 05/10/2016, 08:51 WIB
Kondisi gedung Wisma Kosgoro yang terbakar, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/3/2015). Kebakaran yang terjadi pada Senin malam ini bermula dari lantai 16 dan merembet ke lantai 20. Penyebab kebakaran masih ditelusuri. KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZESKondisi gedung Wisma Kosgoro yang terbakar, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/3/2015). Kebakaran yang terjadi pada Senin malam ini bermula dari lantai 16 dan merembet ke lantai 20. Penyebab kebakaran masih ditelusuri.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua gedung perkantoran, Wisma Kosgoro dan Plaza Gani Djemat, bakal dihancurkan dalam waktu dekat. 

Senior Associate Director Office Services Colliers International Indonesia Ricky Tarore mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2016). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ricky, kedua gedung yang masing-masing berlokasi di Jl MH Thamrin dan Jl Imam Bonjol tersebut dihancurkan untuk dibangun gedung baru. 

"Kendati saat ini untuk sektor perkantoran tengah mengalami kelebihan pasok alias over supply, tetapi pemilik masing-masing gedung tersebut merasa harus membangun gedung baru untuk kemudian dapat disewakan kembali dengan harga yang lebih tinggi," jelas Ricky. 

Wisma Kosgoro diketahui mengalami kebakaran hebat pada 9 Maret 2015. (Baca: Abaikan Peringatan Kebakaran, LSF Gedung Seharusnya Tidak Diterbitkan)

Menurut Ricky, kebakaran hebat tersebut memaksa para penyewa gedung relokasi ke gedung-gedung lainnya di sekitar kawasan Thamrin atau gedung baru di kawasan Sudirman. 

"Karena itu, daripada jadi aset yang tidak membuahkan hasil (idle), pemiliknya memilih untuk menghancurkannya dan membangun kembali menjadi gedung baru. Terlebih lokasinya strategis di kawasan Thamrin," tutur Ricky.

Adapun Plaza Gani Djemat, tambah Ricky, dihancurkan karena usianya sudah tua. Banyak penyewa yang menginginkan menempati ruang kantor baru dengan teknologi yang lebih mutakhir. 

"Beberapa pengisi Plaza Gani Djemat sudah relokasi," sebut Ricky.

Secara umum, sektor perkantoran pada kuartal III-2016 menunjukkan kompetisi yang sangat ketat. Hal ini mengakibatkan harga sewa tertekan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.