Kompas.com - 12/08/2016, 21:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Keputusan merenovasi rumah kerap susah ditarik kembali. Karena itu, pemilik rumah harus mempertimbangkan dan merencanaan proses renovasinya dengan matang, terlebih jika renovasi dilakukan pada ruang-ruang penting seperti kamar mandi.

Tanpa perencanaan, biaya renovasi bisa menggembung dan pemilik rumah kesulitan mengatur kegiatan sehari-hari. Untuk itu, siapkan daftar yang sebaiknya dilakukan pemilik rumah sejak enam bulan sebelum renovasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Enam bulan sebelum renovasi

Langkah pertama adalah mencari referensi. Temukan desain yang tepat untuk kamar mandi baru Anda. Ini yang perlu Anda lakukan 6 bulan sebelum renovasi dilakukan.

Telusuri halaman demi halaman majalah desain, buat 'papan ide' atau gunakan media sosial seperti Pinterest untuk mengumpulkan sumber inspirasi Anda. Menghubungi desainer juga bukan ide yang buruk.

Seperti dikutip Elle Decor, desainer Holly Rickert menyarankan kliennya menggunakan catatan kecil untuk mengomentari bagian terbaik pada setiap ide desain kamar mandi.

Setelah itu, Rickert akan merekomendasi desain terbaik untuk kliennya. Tenaga profesional akan menghemat banyak waktu Anda.

Langkah kedua, cobalah mencari referensi mengenai kontraktor atau tukang bangunan yang bisa Anda percaya. Cobalah mencari beberapa alternatif melalui teman, kolega, atau toko perkakas dan bahan bangunan yang biasanya memiliki kontak tukang bangunan.

Langkah ketiga, mulailah menggambar atau merancang kamar mandi Anda. Jangan lupa menyertakan ruang penyimpanan, lokasi toilet, wastafel, pancuran, dan bathtub jika berkenan.

Pastikan penempatannya sesuai dengan sistem plumbing atau saluran air di rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.