Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Cara Memaksimalkan Fungsi Furnitur

Kompas.com - 10/08/2016, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber

KOMPAS.com — Penempatan sofa yang tepat dan pengaturan ruang bergerak penting bagi interior rumah. Pasalnya, sebuah ruangan bisa berfungsi dengan baik jika pemiliknya tidak semata-mata memikirkan estetika penataan furnitur.

Keindahan dan keunikan memang penting. Namun, desainer Estee Stanley, dalam situs desain dan inspirasi rumah Domaine, menegaskan bahwa pemilik rumah perlu mengetahui lebih dulu masing-masing fungsi furnitur miliknya.

Selain itu, pemilik rumah juga perlu menyadari bagaimana posisi atau pengaturan yang bisa memaksimalkan fungsi furnitur tersebut. Berikut ini cara-cara agar Anda bisa memaksimalkan fungsi furnitur:

1. Tidak memaksakan diri menata interior rumah dengan tampilan simetris

Menurut Stanley, meski pengaturan simetris begitu populer dan memberikan tampilan klasik, hal itu justru bisa menyia-nyiakan fitur arsitektur di dalam ruangan.

Penataan semacam ini juga kekurangan keunikan. Lagipula, tidak selamanya ruangan yang ditata simetris berfungsi dengan baik.

2. Temukan perbedaan antara simetris dan seimbang

Menurut Stanley, meski tidak perlu bersikeras membuat pengaturan simetris, pemilik rumah perlu menemukan keseimbangan di dalam rumahnya.

Kunci dalam menemukan keseimbangan adalah memastikan barang-barang dan furnitur "didistribusikan" ke seluruh ruangan dengan merata.

freshome Kamar anak dengan desain, warna dan furnitur yang netral.
Tidak perlu persis sama antara bagian di sebelah kanan dan di kiri tetapi yang terpenting, ruang tidak terasa kosong di satu sisi dan padat di sisi lainnya.

3. Utamakan fungsi dalam mendekorasi

Pada step ini Anda bisa memikirkan bagaimana Anda akan menggunakan ruangan. Jika Anda termasuk orang yang sering mengundang tamu maka pengaturan tempat duduk perlu diperhatian lebih seksama.

Dalam hal ini para tamu harus bisa duduk dengan santai dan nyaman guna mendorong lancarnya percakapan.

4. Kreatif menyiasati rumah sempit

Jika Anda memiliki ruang terbatas untuk bereksperimen maka Anda harus bersikap kreatif.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com