Kompas.com - 29/06/2016, 03:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KOMPAs.com - Direktur PT Marga Nujyasumo Agung (MNA) Ari Wibowo menargetkan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) beroperasi pada Maret 2017 mendatang.

Sampai saat ini, progres konstruksi Tol Sumo yang didesain sepanjang 36,27 kilometer sudah mencapai 73 persen. 

Rinciannya, Seksi IA Waru-Sepanjang 2,3 kilometer yang sudah beroperasi, Seksi IB Sepanjang-WRR 4,3 kilometer sudah 68 persen, Seksi II WRR-Driyorejo 5,1 kilometer dan Seksi III Driyorejo-Krian 6,1 kilometer baru 4 persen.

Dokumentasi Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Seksi IV diresmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu (19/3/2016).
Sedangkan Seksi IV Krian-Mojokerto sepanjang 18,47 kilometer suah diresmikan dan beroperasi pada 13 Maret 2016.

"Konstruksi IB, II dan III sedang dikerjakan. Kami juga menunggu pembebasan tanah yang dilakukan pemerintah dan diharapkan Agustus 2016 kelar. Targetnya Maret 2017 seluruhnya beroperasi," tutur Ari saat ditemui Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Selasa (28/6/2016).

Adapun traffic Tol Sumo per hari mencapai 2.000-3.000 kendaraan. Pada arus mudik nanti, diperkirakan jumlah ini melonjak hingga menjadi 5.000 kendaraan per hari.

"Karena kebetulan Tol Sumo berada di ujung arus mudik, kendaraan terbanyak berasal dari arah Surabaya yang menuju ke daerah sekitar atau arah Jombang," sebut Ari.

Dia menambahkan, mengingat baru ruas Mojokerto-Krian yang dioperasikan, manfaat Tol Surabaya-Mojokerto belum terasa efektivitasnya.

Namun demikian, ruas Mojokerto-Krian sangat membantu pengendara yang ingin menghindari jalan arteri. Mereka bisa menghemat waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Saksikan video perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.