6 Aspek yang Diharapkan Konsumen dari Situs Properti

Kompas.com - 24/06/2016, 12:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat situs listing properti harus menerapkan beberapa aspek utama untuk memuaskan konsumen.

Setidaknya ada 6 aspek utama yang diharapkan konsumen dalam mencari properti melalui situs listing properti.

"Pertama, konsumen ingin cepat dapat informasi. Jadi, listing properti harus selalu diperbarui," ujar Country Manager Rumah.com Wasudewan kepada Kompas.com, Kamis, (23/6/2016).

Kedua, kata Wasudewan, ada di mana saja. Konsumen tidak lagi harus selalu datang ke kantor marketing atau melihat dari billboard.

Begitu pula dengan menggunakan brosur. Cara ini kurang efektif. Sementara di sisi lain, semua orang punya gawai yang bisa digunakan untuk mencari informasi.

Konsumen akan lebih terbantu jika informasi yang diinginkan terkait properti ada di gawai mereka.

Aspek ketiga adalah transparan. Konsumen dipastikan ingin melihat satu proyek yang detail, misalnya berapa jaraknya ke tol atau ke stasiun.

Dengan demikian, dibutuhkan resensi yang jujur terkait satu proyek agar konsumen mendapatkan informasi yang benar.

Keempat adalah konten yang menarik, interaktif, dan punya nilai. Dengan begitu, konsumen bisa mengakses informasi dengan tidak bosan.

Aspek selanjutnya adalah media-rich. Menurut Wasudewan, informasi properti yang ditampilkan di billboard menampilkan gambar mati.

Namun, di listing properti, gambar yang diunggah bisa lebih hidup, misalnya dengan video atau virtual tour menggunakan ePropertyTrack.

Terakhir, aspek sosial media. Dengan sosial media, konsumen bisa mendapatkan informasi dari akunnya langsung, misalnya Facebook dan Twitter.

"Kami juga ingin lebih dekat dengan kostumer melalui messaging apps yang bisa digunakan antara agen dengan konsumen. Ini lagi kita kembangkan," tandas Wasudewan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X