Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Properti "Online" Dikunjungi Belasan Juta Calon Konsumen

Kompas.com - 21/03/2015, 19:32 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan teknologi informasi, tak lagi membuat masyarakat mencari rumah dengan mendatangi satu-per satu lokasi yang diincar. Masyarakat cenderung beralih melakukan pencarian rumah hanya dengan berselancar di berbagai situs properti.

Head of Markerting Rumah.com, Ike Noorhayati Hamdan mengatakan fenomena terdebut kepada Kompas.com seusai seminar bertajuk "Tren Pencarian Properti secara Online di Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/3/2015).

"Dengan berkembangnya teknologi informasi, masyarakat kini semakin dimudahkan dengan banyaknya situs-situs pencarian properti. Semakin meningkatnya tren pencarian properti secara online di Indonesia karena efektivitas dan efisiensi situs, mudah, murah dan cepat," ujar Ike.

Ike menjelaskan, maraknya pencarian properti secara online tersebut berdasarkan data peningkatan laju pengguna situs Rumah.com pada bulan Februari 2015. Dibandingkan saat pertama kali diluncurkan pada 2011, peningkatan pengguna situs pencarian properti melaju pesat sejak 2014.

"Sampai bulan Februari lalu, ada 13,5 juta pengguna yang masuk ke situs Rumah.com tiap bulannya. Kalau dihitung rata-rata per hari sampai 500 ribu pengguna. Tahun 2014 merupakan batu loncatan bagi industri listing properti virtual," lanjut Ike.

Ike menambahkan, tren pencarian properti secara online akan lebih semarak. Hal ini disusul datangnya para kompetitor baru di bidang yang sama.

"Akan banyak listing properti online baru di Indonesia melihat trennya sedang tinggi. Tapi justru hal itu baik untuk meningkatkan mutu pelayanan para pemain bisnis ini lewat kompetisi," ungkap Ike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com