Kompas.com - 28/05/2016, 11:12 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Ada kalanya ruang tamu tak mampu menampung banyak orang, terutama saat hari raya ketika sanak famili dan teman berdatangan ke rumah.

Untuk itu, Anda membutuhkan ruangan lebih lapang dari biasanya. Namun, jika ruang tamu Anda tak lagi cukup memenuhi kebutuhan itu, adakah ruang lain yang bisa dimanfaatkan?

Tentu saja ada, terutama jika Anda secara kreatif memanfaatkan ruang-ruang di dalam hunian Anda.

Selain membuat konsep ruangan tanpa sekat, Anda bisa "meminjam" teras rumah dan menyulapnya menjadi ruang tamu tambahan.

Niat menampilkan kesan ruang tamu dadakan di teras pada dasarnya sah-sah saja. Namun Anda mesti mempertimbangkan elemen yang wajib ada di dalamnya.

Elemen tersebut adalah menghadirkan tempat duduk dan meja dengan diikuti penataan desain dan gaya.

Anda sebaiknya tidak menampilkan konsep lesehan di teras. Pasalnya, teras merupakan salah satu ruangan yang cepat terpapar sinar matahari dan udara dari luar rumah.

Sebelum menjadikan teras sebagai ruang tamu sementara, Anda sebaiknya juga memperhatikan bentuk teras itu sendiri.

Selain bentuk, Anda juga perlu memperhatikan keberadaan atap dan elemen penahan panas matahari.

www.houzz.com Langkah selanjutnya adalah mempercantik tampilan rumah Anda dengan tanaman hijau. Tanaman hijau membuat rumah Anda lebih segar. Gunakan pot untuk menambahkan tanaman di teras rumah.
Jika atap di teras kurang representatif, Anda dapat menambahkan kanopi atau awning. Sedangkan untuk penahan panas matahari, Anda bisa memanfaatkan tanaman dengan meletakkannya di sekitar teras.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.