Unik, Rumah Kecil Ini Bisa Berputar 359 Derajat

Kompas.com - 19/05/2016, 12:00 WIB
Rumah 359 memiliki langit-langit yang tinggi sehingga membuat rumah terasa lebih luas dari kondisi sebenarnya. Rumah 359 memiliki langit-langit yang tinggi sehingga membuat rumah terasa lebih luas dari kondisi sebenarnya.
|
EditorHilda B Alexander

PORTLAND, KOMPAS.com - Pernahkah berharap jendela-jendela di rumah bisa menghadap banyak arah berbeda sehingga Anda bisa mendapatkan sinar matahari terus menerus selama beberapa jam?

PATH Architecture merancang sebuah rumah kecil berputar di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS) yang diberi nama 359.

359 merupakan rumah yang mampu berputar secara manual dan dapat dioptimasi untuk menjadi lebih dingin ketika musim panas atau lebih hangat ketika musim dingin.

Rumah 359 memang dapat berputar secara manual dan bahkan dalam video rilisan PATH Architecture, anak-anak saja bisa memutar rumah tersebut.

PATH Architecture membuat rumah itu hanya berputar 359 derajat, jadi saluran air dan kabel listrik tidak akan saling tersangkut atau kusut.

Kendati begitu, pemilik sekaligus pendiri PATH Architecture, Ben Kaiser memiliki rencana untuk membuatnya berputar lebih banyak lagi di masa depan.

Rumah 359 memang hanya memiliki luasan 13,4 meter persegi, namun bangunan 359 ini bukan seperti rumah kecil pada umumnya.

Rumah 359 memiliki langit-langit yang tinggi sehingga membuat rumah terasa lebih luas dari kondisi sebenarnya.

Meski kecil, rumah 359 dilengkapi ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan sebuah tangga yang menuntun ke area kamar tidur.

PATH Architecture merancang rumah 359 dengan berbagai strategi desain berkelanjutan dan dapat dilengkapi dengan toilet kompos atau panel surya di atap untuk menjadikannya berada di luar jaringan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X