Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Impian Masa Kecil Lewat "Starwars House"

Kompas.com - 08/05/2016, 23:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen

SEOUL, KOMPAS.com - Desain sebuah rumah bisa terinspirasi apa saja. Bisa melalui impian, kenangan, atau bahkan muncul melalui film. Di Korea Selatan, sebuah rumah dengan nama "Starwars House" sudah berdiri kokoh.

Seperti namanya, rumah ini terinspirasi film fiksi ilmiah fenomenal, Star Wars. Firma arsitektur Korea Selatan, Moon Hoon, sukses menyelesaikan rumah tersebut.

Secara tampilan, rumah ini memang terinspirasi dari film tersebut, hal itu terlihat dari bentuk rumah, artikulasi fasad, dan ruang-ruang dalam rumah yang menyenangkan.

www.designboom.com Secara tampilan, rumah itu memang terinspirasi dari film "perang bintang" tersebut. Hal itu dapat dilihat dari bentuk rumah, artikulasi fasad, dan ruang-ruang dalam rumah yang menyenangkan.

Starwars House memiliki volume tidak teratur dan berada di atas rerumputan besar. Rumah ini memiliki jejak bangunan kecil dengan dinding miring di sekitarnya.

Dek kayu yang membungkus dua sisi rumah semakin menambah elegan rumah dengan luas 50,67 meter persegi ini. Secara keseluruhan, rumah ini dibangun di atas lahan seluas 451 meter persegi.

Bangunan dengan tinggi 10,2 meter ini memiliki tiga lantai di dalamnya. Dua lantai pertama menggambarkan secara jelas tata letak dan bentuk rumah.

www.designboom.com Dua lantai pertamanya menggambarkan secara jelas tata letak dan bentuk rumah. Sementara itu, lantai atasnya berisi ruang bermain terbuka bagi anak-anak.

Sementara lantai atas berisi ruang bermain terbuka bagi anak-anak. Jendela berbentuk horisontal berguna untuk membuka sudut timur rumah dan sebuah atrium pusat juga dibangun agar cahaya matahari bisa masuk melalui celah-celah dan mengisi ruang interior.

Rumah ini dibangun bukan berdasarkan alasan melainkan sang pemilik ingin menggambarkan pergerakan keluarga muda di Korea Selatan yang mulai pindah dari apartemen menuju rumah.

Selain itu, Starwars House ini benar-benar merealisasikan keinginan pemiliknya dengan menyediakan ruang bermain bagi anak dan juga mewujudkan mimpi masa kecil sang pemilik rumah yang ingin menjadi astronot.

www.designboom.com Secara keseluruhan, rumah ini dibangun di atas lahan seluas 451 meter persegi. Bangunan dengan tinggi 10,2 meter ini memiliki tiga lantai di dalamnya.

Lantai atas memiliki sebuah pintu geser dan ruangn rahasia. Ruang rahasia ini ditutupi oleh dinding berpola unik yang mampu memberikan pemandangan di luar rumah.

Arsitek menggambarkan ruang di lantai atas sebagai sebuah tempat kendali masa depan untuk Darth Vader atau Jedi. Rumah ini sendiri telah selesai dibangun pada Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com