Terminal Salerno Rancangan Mendiang Zaha Hadid Resmi Beroperasi

Kompas.com - 26/04/2016, 21:54 WIB
Terminal Salerno Maritime Terminal Salerno Maritime
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Diresmikan pada tanggal 25 April, Terminal Salerno Maritime, Italia, hasil karya arsitek Zaha Hadid Architects adalah bagian integral dari rencana perkotaan.

Wali Kota Vincenzo De Luca, sekarang gubernur Campania Region, memulai proyek ini, dan berlanjut di bawah wali kota Vincenzo Napoli.

Proyek ini diawali pada 1993 dan menargetkan pembangunan untuk regenerasi sosial, ekonomi dan lingkungan kota.

Zaha Hadid Architects kemudian memenangkan kompetisi internasional pada tahun 2000 untuk merancang terminal baru tersebut.

Selama kunjungannya ke terminal baru, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi memberikan penghargaan kepada Zaha Hadid.

"Kerja yang luar biasa ini menambah daya saing Salerno untuk mengubah wajahnya. Ini juga merupakan cara mengingat arsitek besar seperti yang Zaha Hadid lakukan," kata Renzi.

Terminal Salerno Maritime

Terminal baru tersebut menghubungkan tradisi maritim yang kaya dengan pola perkotaan bersejarah dan bukit-bukit yang membingkai kota.

Seperti kerang, pelindung terminal yang keras, dan asimetris melindungi unsur-unsur yang lebih lembut di dalamnya.

Struktur luarnya melindungi penumpang dari matahari Laut Mediterania yang bersinar secara intensif selama musim wisata.

Terminal maritim baru ini terdiri dari tiga komponen utama: kantor administrasi untuk kontrol perbatasan nasional dan jalur pelayaran; terminal untuk feri internasional dan kapal pesiar dari seluruh dunia; serta terminal untuk feri lokal dan regional.

Desain dermaga memudahkan penumpang mendekati terminal dari kota. Desain ini menunjukkan jalan yang miring tetapi landai secara bertahap di dalam gedung sehingga menuntun penumpang naik ke kapal-kapal besar atau feri.

Penataan interior terminal mengarahkan penumpang melalui urutan ruang interior yang mengalir ke satu sama lain. Ruang interior ini juga diorganisasi di sekitar titik fokus seperti restoran dan ruang tunggu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X